Tanggal :25 January 2022

Intip Cara Ajaib Masuk ke Jajaran Startup Unicorn Indonesia

Sumber: Accurate Online

Halo Smart People! Siapa disini yang sudah melakukan investasi saham? Pasti sudah tidak asing bukan mendengar nama Ajaib? Ajaib adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Ajaib Group, di bawah naungan PT Takjub Teknologi Indonesia. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2018 bersama dengan PT Ajaib Sekuritas Asia (Ajaib Sekuritas). Pada September 2021, Ajaib mencatatkan pertumbuhan signifikan pengguna, yakni 1.032.822 investor saham aktif yang terdiri dari generasi milenial dan Gen Z.

Aplikasi investasi saham dan reksa dana online ini berhasil mendapatkan predikat unicorn setelah meraih pendanaan senilai 153 juta dollar AS atau sekitar Rp 2,2 triliun dari funding round seri B. Pada Maret 2021, Ajaib juga berhasil mengumpulkan dana segar senilai 90 juta dollar AS (kira-kira Rp 1,3 triliun) dari putaran pendanaan seri A. Bila di total, dana segar yang berhasil dikumpulkan oleh Ajaib sepanjang 2021 ini mencapai 243 juta dollar AS atau setara Rp 3,58 triliun. 

Sejumlah investor besar seperti SoftBank Group Jepang, Horizon Ventures milik miliarder Hong Kong Li Ka-shing, dan perusahaan venture capital Alpha JWC turut memberikan suntikan dana kepada Ajaib. Pada putaran pendanaan terakhir, Ajaib juga disokong oleh investor seperti DST Global, Ribbit Capital, ICONIQ Capital dan IVP.

Sumber: Brookline Bank

Ajaib berkomitmen untuk memberikan edukasi keuangan terutama dalam bidang investasi melalui Program Generasi Saham yang telah dilakukan bersama BEI di berbagai daerah dengan literasi keuangan rendah. Hingga saat ini, program tersebut sudah menjangkau 26 kota. Selain itu, Ajaib juga melakukan edukasi secara daring setiap harinya sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan, terutama untuk pasar modal. Tak hanya itu, startup ini turut merekrut banyak veteran lama industri pasar modal. 

Misi ini sejalan dengan misi pemerintah dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan serta memperkuat pasar modal Indonesia, khususnya di kalangan generasi muda. Menurut hasil survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2020, tingkat literasi keuangan di pasar modal masih relatif rendah yaitu 4,9% dan tingkat inklusi hanya 1,6%. Hal ini dipandang sebagai kemajuan langkah dari startup fintech untuk menjadi platform jasa keuangan yang unggul dan terpercaya di Indonesia.

Rendahnya jumlah investor ritel di Indonesia membuka pintu peluang bagi Ajaib untuk menyediakan aplikasi investasi dan reksa dana online. Realisasi dari peluang ini berhasil mengantarkan Ajaib masuk ke deretan startup unicorn Indonesia. Tak sebatas ekspansi bisnis, Ajaib juga terus berinovasi untuk memberikan layanan yang terbaik kepada para investor dan pengguna aplikasi ini. Apakah Smart People merupakan salah satu penggunanya?

Penulis: Mia Patricia | Illustrator: Rizky Sabilurrasyid

Referensi:

  1. https://keuangan.kontan.co.id/news/raih-us-153-juta-ajaib-jadi-unicorn-fintech-investasi-pertama-di-asia-tenggara
  2. https://tekno.kompas.com/read/2021/10/06/09050017/raih-pendanaan-rp-2-2-triliun-ajaib-resmi-jadi-unicorn-baru-indonesia?page=all
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *