Tanggal :27 January 2022

Internet of Energy: Apa itu dan Bagaimana Implementasinya?

Design by: Arsy Eric

Internet of Energy (IoE) adalah istilah teknologi yang mengacu pada peningkatan dan otomatisasi infrastruktur kelistrikan untuk produsen dan produsen energi. Hal ini memungkinkan produksi energi untuk bergerak maju lebih efisien dan bersih dengan jumlah limbah paling sedikit. Internet of Energy (IoE) merupakan implementasi dari teknologi Internet of Things (IoT) ke dalam sistem distribusi energi.

Internet of Energy bertujuan untuk mengoptimalkan infrastruktur energi dengan meningkatkan efisiensi pembangkitan, transmisi, dan pemanfaatan energi serta mengurangi pemborosan energi. Melalui penerapan IoE ini, pemantauan daya, manajemen kebutuhan dan distribusi energi, serta integrasi antar sumber energi dapat dilakukan secara otomatis dan optimal.

Penggunaan IoE dapat ditemukan di dalam berbagai aplikasi yang berbeda. Salah satu contoh teknologi IoE adalah pemanfaatan sensor pintar yang umum di antara aplikasi teknologi IoT lainnya. Hal ini memungkinkan mekanisme yang difasilitasi IoE seperti pemantauan daya, penyimpanan terdistribusi, dan integrasi energi terbarukan.

Salah satu aplikasi IoE lainnya adalah pada bangunan seperti gedung maupun tempat tinggal. Kemajuan teknologi telah mendorong kenaikan biaya energi sehingga konsumen mencari cara untuk mengurangi atau mengendalikan konsumsi energi tersebut. Internet of Energy menawarkan cara canggih untuk menganalisis dan mengoptimalkan penggunaan energi yang tidak hanya di tingkat perangkat, tetapi di seluruh sistem dalam bangunan.

Internet of Energy juga dapat menemukan pemakaian energi bermasalah yang dapat disebabkan oleh peralatan yang sudah tua, rusak, kesalahan sistem komponen, dan lainnya di mana secara tradisional, menemukan permasalahan seperti itu membutuhkan penggunaan tenaga profesional. Hotel Marriott merupakan salah satu perusahaan yang sudah mengaplikasikan IoE ini pada property hotelnya.

Internet of Energy mengatasi beberapa tantangan dan menawarkan efisiensi yang lebih besar serta desain yang optimal untuk membangun sistem energi. Nah Smart People, kira-kira negara mana sajakah yang telah menerapkan Internet of Energy?

Penulis: Wanda Marissa | Ilustrator: Arsy Eric

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.