Tanggal :19 January 2022

Internet of Behaviour (IoB), Sudah Tahu Belum?

Ilustrasi penggunaan IOB | Sumber: Axios Holding

Halo Smart People! Mungkin Internet of Things (IoT) sudah cukup familiar didengar. Namun, bagaimana dengan Internet of Behaviour (IoB)? Pernahkah Kamu mendengarnya?

Dilansir dari MMSI Binus, Internet of Behavior merupakan perluasan dari Internet of Things (IoT), interkoneksi perangkat yang menghasilkan berbagai macam sumber data baru. IoT adalah jaringan objek fisik yang saling berhubungan  untuk mengumpulkan dan bertukar informasi dan data melalui internet. Apa yang dilakukan IoB adalah memahami data dan melampirkannya ke perilaku manusia tertentu seperti membeli, atau mengikuti merek tertentu secara online.

Internet of Behavior (IoB) bertujuan untuk menangkap, menganalisis, memahami, dan menanggapi semua jenis perilaku manusia dengan cara yang memungkinkan pelacakan dan interpretasi perilaku orang-orang menggunakan inovasi dan perkembangan teknologi yang muncul dalam algoritma pembelajaran mesin. Perilaku orang-orang dipantau dan diterapkan untuk mempengaruhi mereka agar bekerja menuju serangkaian parameter operasional yang diinginkan. 

Penerapan IOB yang mempengaruhi perilaku seseorang di dunia digital | Sumber: Digital Dealer

Jenis komponen yang terdapat dalam IoB ada 3, yaitu teknologi, analitik dan ilmu perilaku. Dilansir dari ceritahosting.com, dalam IoB dibutuhkan alat yang solid seperti platform dukungan multi-format yang dapat terhubung ke API,  untuk mengunggah data ke cloud seperti seperti Google atau Facebook. Platform harus memungkinkan personalisasi multi-saluran, pembaruan terpusat yang direplikasi, mengirimkan pemberitahuan unik yang mengubah pengguna menjadi kontributor untuk personalisasi aplikasi, memungkinkan integrasi media sosial, dan memelihara antarmuka interaktif.

Pada tahun 2020 telah diprediksi bahwa perilaku Internet of Behaviors (IoB) akan segera menyebar. Pada tahun 2023, diperkirakan bahwa aktivitas individu dari 40% populasi global akan dilacak secara digital untuk mempengaruhi perilaku kita.

Apa lagi yang Kamu ketahui tentang IoB? Dan menurut Kamu, bagaimana ketergantungan perusahaan terhadap IoB di masa mendatang? Kamu dapat memberikan pendapatmu di kolom komentar di bawah ya! 

Penulis: Mia Patricia | Ilustrator: Rizky Sabilurrasyid

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *