Tanggal :28 January 2022

Internet of Behavior, Tren Teknologi Tahun Selanjutnya

Tahukah Smart People bahwa jumlah perangkat Internet of Things (IOT), saat ini telah banyak digunakan dalam kurun waktu lima tahun terakhir? Perangkat ini sudah ada di mana-mana bersama kita hingga sekarang. Pergeseran ke perangkat seluler telah mengubah cara manusia berinteraksi dengan dunia di sekitarnya. Dari solusi keamanan Bitdefender BOX IoT, kulkas pintar, pengontrol suara Google Home, dan banyak lagi. Terbukti bahwa IoT memainkan peran integral dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Data collection oleh perangkat tersebut dapat memberikan informasi berharga tentang perilaku, minat, dan preferensi pengguna. Karena hal tersebut, maka lahirlah konsep Internet of Behavior (IOB).

Internet of Behavior (IoB) merupakan perluasan dari Internet of Things (IoT), interkoneksi perangkat yang menghasilkan berbagai macam sumber data baru. Internet of Things adalah jaringan objek fisik yang saling berhubungan yang mengumpulkan dan bertukar informasi dan data melalui internet. Hal yang dilakukan IoB adalah memahami data dan melampirkannya ke perilaku manusia tertentu seperti membeli, atau mengikuti merek tertentu secara online.

Internet of behaviors (IOB) atau internet perilaku ini memerlukan studi statistics yang harus dilakukan yang memetakan kebiasaan dan perilaku sehari-hari tanpa sepenuhnya mengungkapkan privasi konsumen untuk alasan etika dan hukum. 

Internet of Behaviors (IOB) pada dasarnya bertujuan untuk membahas bagaimana data lebih dipahami dan digunakan untuk membangun dan mempromosikan produk baru dari sudut pandang psikologi manusia. Internet perilaku ini berfungsi dan dapat digunakan dalam banyak cara oleh entitas publik, swasta atau seperti bisnis, organisasi dan perusahaan.

Selain itu, teknologi ini juga dapat digunakan untuk memantau kepatuhan protokol kesehatan di lokasi industri untuk memperoleh peristiwa perilaku. Misalnya, sensor dan tag RFID (Radio Frequency Identification) pada seseorang atau di lingkungan kerja dapat digunakan untuk memeriksa apakah karyawan mencuci tangan sesuai kebutuhan atau tidak.

Teknologi ini masih terus berkembang dan diharapkan akan cukup bermanfaat dalam banyak hal. Seperti menentukan dimana minat pelanggan pada suatu produk dimulai, melibatkan pengguna secara positif, menemukan perjalanan pembelian pengguna, hingga menentukan metodologi yang pengguna gunakan untuk melakukan pembelian. 

Meskipun Internet of Behaviors sedang dalam tahap awal, pada tahun-tahun mendatang, diyakini bahwa Internet of Things (IOT) dengan ekstensi Internet of Behavior (IOB) akan menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat, dan dapat membuat hidup lebih mudah dan efisien.

Penulis: Wanda Marissa | Illustrator: Arsy Eric

References

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.