Tanggal :10 December 2022

Inovasi Smart Tracker: AirTag

Gambar 1. Design By: Sumanto

Pasti teman-teman pernah mengalami kehilangan atau kelupaan saat menaruh barang? Nah, pas banget nih. Di tahun ini ada sebuah perusahaan teknologi yang meluncurkan suatu inovasi yang menjadi solusi dari masalah-masalah tersebut. Inovasi tersebut bernama smart tracker: AirTag, yaitu berupa aksesoris pelacak (smart tracker) dengan desain mini yang dibekali teknologi Ultra Wideband. Teknologi yang digunakan untuk terhubung dengan aplikasi Find My dari Apple. Perangkat ini merupakan alat pelacak pintar yang punya desain menarik dan simpel, berbentuk bulat disertai gantungan diatas layaknya gantungan kunci. 

Dikutip dari Liputan6.com, AirTag sudah memiliki sertifikasi IP67 yang artinya aksesoris ini anti air dan debu. Selain itu, Apple juga menyertakan speaker dan baterai CR2032 yang dapat diganti jika nanti kapasitasnya habis. Selain itu, Aksesoris ini menggunakan Chip U1 Ultra Wideband dan Precision Finding. AirTag memberikan fitur pelacakan pada benda bawaan sehari-hari yang mungkin mudah hilang atau tertinggal, seperti tas, dompet, kunci mobil atau benda lainnya. Cara pemakaiannya, AirTag dapat diletakkan pada tas atau benda-benda lainnya. Saat dilacak, aplikasi akan menunjukkan lokasi terakhir di mana perangkat AirTag terdeteksi. Jika berada dalam jangkauan Bluetooth, pengguna dapat membunyikannya menggunakan ponsel pintar.

Gambar 2. Sumber : 9to5mac.com

Apabila AirTag berada di luar jangkauan bluetooth, maka jaringan Find My akan mendeteksi sinyalnya dan menyampaikan lokasi AirTag ke pengguna secara background, anonim dan privat. Apple memastikan bahwa AirTag tidak dapat menyimpan data lokasi di dalam perangkat, sehingga komunikasi antara AirTag dengan jaringan Find My dienkripsi secara end-to-end yang berarti hanya pengguna saja yang memiliki akses ke data lokasinya. Namun AirTag ini hanya dapat digunakan pada perangkat Iphone, iPod Touch dan iPad dengan syarat sudah menjalankan iOS 14.5.

Gambar 3. Sumber : www.engadget.com

Mengutip seluler.id, Apple AirTag resmi dijual mulai 30 April 2021 dengan banderol harga USD 29 atau setara dengan Rp 400 ribuan. Apple juga menyediakan paket berisi empat AirTag yang dihargai USD 99 atau sekitar Rp Rp1,3 jutaan. Bagaimana pendapat Smart People mengenai AirTag? Apakah berminat untuk membelinya? Tulis di kolom komentar yaa!

Penulis: Sadam Khadafi | Illustrator: Sumanto

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »