Tanggal :10 December 2022

Inovasi Layanan Drive Thru Kabupaten Batang Sebagai Pemenang ISNA 2020

Pemerintah Kabupaten Batang terpilih sebagai penerima apresiasi The 4th ISNA 2020 melalui pengembangan inovasi layanan Drive Thru di Mal Pelayanan Publik (MPP) Batang, (Infopublik.id, 2020). MPP Batang merupakan yang ketiga di Jawa Tengah sebagai percontohan, dikarenakan MPP Batang menjadi MPP pertama di Indonesia yang memiliki layanan Drive Thru perpanjangan SIM A dan SIM B.

Adanya inovasi ini menjadi solusi cerdas dalam memberikan pelayanan publik di era revolusi 5.0, maka tak heran jika layanan Drive Thru terpilih sebagai pemenang yang diberikan langsung oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia dan Citiasia, Inc. 

Menurut Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMPTSP) Kabupaten Batang, Sri Purwaningsih menyatakan bahwa layanan Drive Thru di Provinsi Jawa Timur itu cuma melayani SIM C tetapi di Kabupaten Batang ini dikembangkan lagi, selain melayani SIM C juga melayani  SIM A. Layanan ini hanya ada satu di seluruh Indonesia yakni di Kabupaten Batang. Pengembangan inovasi ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Batang dengan Polres Batang yang telah mempunyai komunikasi baik, (Rahmat, 2020).

Masyarakat telah menerima dampak positif dengan adanya inovasi layanan Drive Thru dalam pembuatan SIM, hal ini terlihat bahwa di Mal Pelayanan Publik (MPP) Batang terus bertambah hingga 329 layanan dari 23 instansi. Pelayanannya dilakukan pada hari Senin dan Selasa dengan jumlah pengunjung fluktuatif. 

Adapun beberapa instansi yang memberikan layanan di MPP Batang di antaranya adalah DPMPTSP, DPRKP, Dishub, DLH, Polres Batang, KPP Pratama, dan Disdukcapil. Selain itu, BPN, Taspen, DPMPTSP Jawa Tengah, Kantor Imigrasi, BNP2TKI Jateng, BPJS, dan beberapa perbankan,  (Radarsemarang, 2021).

Penganugerahan apresiasi Indonesia Smart Nation Awards (ISNA) terhadap inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Kabupaten dan Kota di Indonesia diselenggarakan oleh Citiasia, Inc. yang merupakan sebuah perusahaan konsultan manajemen dan pembangunan smart city. Citiasia, Inc. memiliki visi untuk mendukung kemajuan pembangunan di Indonesia melalui Gerakan Indonesia Smart Nation yang telah digagas sejak tahun 2015.

Pada tahun 2022 Citiasia, Inc. bersama Citiasia Center For Smart Nation (CCSN) akan melaksanakan penganugerahan apresiasi Indonesia Smart Nation Awards (ISNA) terhadap inovasi-inovasi yang dilakukan oleh kabupaten dan kota di Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Batang membuat layanan Drive Thru di Mal Pelayanan Publik (MPP) agar memudahkan masyarakat dalam membuat SIM, memperpanjang SIM dan sebagainya. Hal ini juga sebagai contoh agar kabupaten/kota lainnya dapat memberikan inovasi-inovasi lain serta berlomba-lomba dalam berinovasi lebih baik lagi.

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »