Tanggal :25 January 2022

Ini Dia Deretan Startup Healthtech di Indonesia

Pasien yang sedang mendengarkan penjelasan dokter | Sumber: NerdWallet

Di masa pandemi ini, kebanyakan kegiatan dilakukan secara online. Bagaimana perasaan Smart People ketika tubuh kurang fit namun takut untuk pergi keluar? Sangat khawatir bukan? Teknologi kini bahkan sudah masuk ke dalam sektor kesehatan. Dulu kita harus datang ke rumah sakit dan menunggu antrian sekarang hanya perlu mengunduh aplikasi dan dalam sekejap Kamu dapat melakukan konsultasi dengan dokter perihal keluhanmu.

Konsultasi antara pasien dengan dokter secara virtual | Sumber: HealthExec

Kemudahan ini didatangkan oleh startup healthtech. Startup healthtech adalah perusahaan rintisan yang menyediakan teknologi digital di segmen layanan kesehatan (healthtech) dengan menggunakan layanan medis berbasis online (telemedicine). Taufiq Nur, peneliti Lembaga Manajemen FEB Universitas Indonesia, menyampaikan, penggunaan healthtech bertumbuh sekitar empat kali lipat dibandingkan sebelum masa pandemi covid-19 atau sejak bulan Januari 2020 lalu. Kehadiran startup healthtech tak hanya memberikan kemudahan akses namun juga menjadi bagian dari pengembangan kesehatan nasional.

Lalu, apa saja startup healthtech yang ada di Indonesia? Mari simak informasi di bawah ini. 

  1. GoodDoctorTechnology

Perusahaan penyedia layanan kesehatan berbasis teknologi ini juga bekerja sama dengan Grab untuk memungkinkan dalam penyediaan akses konsultasi dokter bagi seluruh keluarga di Indonesia.

  1. Dokter.id

Dokter.id adalah portal kesehatan yang menyediakan solusi terintegrasi bagi penggunanya dengan akses melalui desktop ataupun mobile. Beberapa layanan yang diberikan adalah konsultasi online gratis, cek gejala penyakit, direktori rumah sakit dan dokter, serta informasi dan tips kesehatan terkini.

  1. KlikDokter.com

Perusahaan yang dioperasikan oleh PT Medika Komunika Teknologi ini menjalin kerjasama dengan KKI (Konsil Kedokteran Indonesia), ILUNI FK (Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Indonesia), ILUNI FKG (Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia), IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dan organisasi medis lainnya.

  1. Alodokter

Hadir sejak tahun 2014, Alodokter merupakan salah satu perusahaan kesehatan digital ternama di Indonesia yang telah memiliki 18 juta pengguna aktif. Alodokter berhasil mengubah poros layanan kesehatan dengan signifikan dalam menyediakan informasi dunia medis yang mudah dipahami masyarakat.

  1. Halodoc

Berhasil menjadi “The Most Innovative Startup” dari Galen Growth Asia pada tahun 2018, kini Halodoc sudah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, antara lain dengan:  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dalam memperluas akses dan layanan kesehatan secara digital bagi masyarakat;  Kerjasama riset dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI); Di bidang pencegahan penularan  Covid-19, kerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Gojek; Kerja sama dengan jaringan laboratorium Prodia.

Bendahara Asosiasi Modal Ventura dan Startup Indonesia (Amsevindo) Edward Ismawan Wihardja mengungkapkan investor asing tetap miliki minat tinggi pada startup kesehatan atau healthtech. Berdasarkan data statistik pada April 2021, total pendanaan industri kesehatan digital di seluruh dunia pada tahun 2020 adalah US$ 21,6 Miliar. Di Indonesia, aplikasi kesehatan digital paling terkemuka per Februari 2021 adalah Halodoc dengan persentase 71 persen, Alodokter 56 persen dan Good Doctor 13 persen. 

Dengan kemajuan teknologi, kegiatan manusia dapat menjadi lebih efisien. Pandemi mengantarkan kita pada akselerasi teknologi yang luar biasa, masa depan yang serba digital rasanya semakin dekat dengan kita. Menurut Smart People, startup di bidang apalagi yang akan membantu aktivitas kita? 

Penulis: Mia Patricia | Illustrator: Rizky Sabilurrasyid

Referensi:

  1. https://m.bisnis.com/amp/read/20210905/266/1438285/startup-kesehatan-tetap-mencuri-perhatian-investor-asing
  2. https://newssetup.kontan.co.id/news/penggunaan-platform-healthtech-melonjak-hingga-empat-kali-lipat-di-tengah-pandemi?page=all
  3. https://siar.com/mengenal-sebelas-startup-healthtech-di-indonesia/
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *