Tanggal :1 July 2022

Indonesia Smart Nation Award 2020 Kembali Hadir Bagi Inovasi Terbaik di Tengah Pandemi

Tahun 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan dan ketidakpastian bagi pembangunan di Indonesia. Di tengah semangat untuk menyongsong era baru pembangunan di era Industry 4.0, ditambah peringatan kemerdekaannya yang ke 75, justru badai pandemi menghantam dengan sangat keras justru di saat-saat geliat pembangunan sedang berjalan pada tingkat akselerasi yang meninggi. Namun hal tersebut seharusnya tidak mematahkan semangat untuk mewujudkan impian dan cita-cita menjadikan Indonesia sebagai negara maju dan terdepan dalam pembangunan smart city di antara negara-negara lain di dunia.
Berangkat dari semangat Gerakan Smart Nation yang telah dijalankan sejak tahun 2015 dan untuk menumbuhkan kembali optimisme pembangunan smart city di tengah pandemi, di tahun 2020 ini, Citiasia Inc. melalui sayap strategisnya, Citiasia Center for Smart nation (CCSN) kembali melaksanakan Indonesia Smart City Investment Forum (ISCIF) 2020 yang dirangkaikan dengan pelaksanaan The 4th Indonesia Smart Nation Award (ISNA). ISCIF 2020 dan the 4th ISNA kali ini mengusung tema “Smart City 2020: Driving Innovation & Productivity During The Global Pandemic”.
Dalam tahun 2020, CCSN telah melakukan riset terhadap inovasi-inovasi yang diinisiasi oleh Pemerintah Kota dan Kabupaten dalam penanganan COVID-19 yang melibatkan lebih dari 500 partisipasi kabupaten dan kota di seluruh Indonesia dengan lebih dari 180 inovasi yang diciptakan. Pemberian Penghargaan ISNA yang keempat pada tahun ini dilaksanakan secara daring pada tanggal 5 Oktober 2020 melalui platform Zoom Meeting via Virtu-Ex.
Sebagai sebuah apresiasi yang diberikan kepada daerah-daerah dengan inovasi terbaik dalam penanganan pandemi, the 4th ISNA 2020 dilaksanakan dengan melalui beberapa tahapan, yaitu proses penilaian indeks dan penjurian oleh para pakar smart city di Indonesia, yaitu:
1. Prof. Marsudi Wahyu Kisworo (Komisaris PT Telekomunikasi Indonesia);
2. Prof. Eko Indrajit (Pakar Informasi dan Teknologi Komunikasi);
3. Dr. Ridwan Sutriadi (akademisi Institut Teknologi Bandung);
4. Wahyudi (Senior Manager Telkom);
5. Dr. Cahyana Ahmadjayadi (Co-Founder Citiasia Inc.);
6. Rosidi Wiradinata (CTO & Co-Founder Citiasia Inc.);
7. Farid Subkhan (CEO & Co-Founder Citiasia Inc.);
8. Hari Kusdaryanto (CSO Citiasia Inc.);
9. Fitrah R. Kautsar (COO Citiasia Inc.).
ISCIF 2020 dan The 4th ISNA akan diselenggarakan pada tanggal 5 Oktober 2020 dengan mengundang berbagai kalangan, yaitu: pemimpin daerah, pengambil kebijakan, akademisi, praktisi pembangunan smart city untuk berbagi pengalaman terkait pembangunan smart city dan pengembangan inovasi yang dapat berjalan dengan di tengah masyarakat. Disamping itu, apresiasi ISNA akan diberikan kepada 30 kabupaten/kota yang terpilih berdasarkan proses penilaian dan penjurian sebagaimana disebutkan di atas.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »