Tanggal :24 May 2022

Inbound Marketing: Strategi dalam Membantu Konsumen Menemukan Sebuah Brand

Inbound marketing adalah cara pemasaran yang dilakukan untuk membantu calon konsumen menemukan bisnis atau perusahaan kalian dengan mudah. Jadi, jika pada umumnya suatu bisnislah yang mencari konsumen, maka inbound marketing akan membuat konsumen mencari bisnis.

Secara garis besar, terdapat empat tahapan dalam melakukan inbound marketing, yaitu:

Attract 

Pada tahap ini, fokus utama bisnis kalian adalah menarik perhatian (attract), karena saat ini calon konsumen belum tahu sama sekali tentang bisnis kalian. Sehingga, perlu untuk membuat mereka mengetahuinya. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menarik perhatian calon konsumen adalah dengan melakukan content marketing, SEO, iklan digital, dan social media marketing.

Menarik perhatian bukan berarti menampilkan bisnis kalian beserta produknya begitu saja. Ada nilai yang mesti ditawarkan agar mereka tertarik. Jika konten bermanfaat untuk calon konsumen, maka mereka bisa menjadi pengikut dari brand kalian secara otomatis.

Convert

Setelah mengubah mereka menjadi pengikut atau follower brand kalian, selanjutnya harus mengubah mereka sebagai orang yang berpotensi menjadi pembeli. Dalam hal ini, kalian harus mendapatkan informasi kontak dari mereka, baik itu berupa nomor handphone, alamat email, dan lainnya. Cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh hal tersebut adalah dengan melampirkan form, landing page, dan lead magnet.

Close

Saat ini, kalian harus mengubah calon konsumen menjadi konsumen dengan memanfaatkan informasi kontak yang didapat pada tahap convert. Caranya bisa dengan mengirim konten ataupun pesan yang mampu membuat calon konsumen merasa tertarik.

Delight 

Setelah mendapatkan pembelian, maka harus membangun hubungan yang baik dengan konsumen. Hal ini penting dilakukan karena mereka yang melakukan pembelian adalah mereka yang sudah tertarik dengan bisnis kalian, sehingga dalam mengajak mereka untuk melakukan pembelian ulang tidak sesulit mencari konsumen baru.

Pada tahapan ini, bisa menggunakan email marketing untuk membangun hubungan yang baik dengan calon konsumen. Selain itu, juga bisa dengan membuat suatu survey untuk bisa memastikan kepuasan konsumen kalian.

Nah Smart People, meskipun inbound marketing ini memerlukan kerja keras, namun setelahnya akan membuat calon konsumen mencari-cari brand kalian dan menjadi pelanggan setia dari perusahaan kalian. Sehingga, pelanggan akan meningkat dan brand kalian akan menjadi semakin terkenal.

Penulis: Wanda Marissa | Illustrator: Arsy Eric

References

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »