Tanggal :24 May 2022

Hyperautomation: Merubah Sebuah Bisnis dengan Mengurangi Proses Bisnis

Perlu kalian ketahui, hyperautomation dapat mengubah sebuah bisnis melalui perampingan  proses bisnis dengan menghilangkan tugas berulang dan otomatisasi yang manual. Proses hiper yang serba otomatis tersebut pastinya memiliki banyak kelebihan. Salah satu kelebihan atau keuntungan utamanya yaitu memungkinkan organisasi untuk menyelesaikan tugas dengan konsistensi, akurasi, dan kecepatan. Strategi teknologi ini tentu menjadi hal baru yang perlu dipertimbangkan perusahaan sebagai bagian dari strategi selanjutnya.

Hyperautomation merupakan sebuah pendekatan yang menggunakan teknologi modern dan canggih, seperti artificial intelligence (AI), machine learning (ML), dan robotic process automation (RPA); untuk otomasi banyak proses bisnis yang biasanya dilakukan oleh manusia. Perlu digarisbawahi bahwa pengimplementasian hyperautomation tidak berarti mengganti semua pekerjaan yang dilakukan manusia, namun lebih ke memberikan bantuan dan mempermudah pekerjaan agar karyawan bisa lebih fokus kepada hal yang lebih berharga dan penting bagi perusahaan. 

Hyperautomation mencakup berbagai alat yang dapat diotomatisasi, tetapi juga mengacu pada kecanggihan otomasi seperti, menemukan, menganalisis, merancang, otomatisasi, mengukur, memantau, menilai kembali. Salah satu atribut utama hyperautomation adalah integrasi dan untuk mencapai skalabilitas dalam berbagai macam operasi, berbagai teknologi otomasi harus bekerja sama dengan mulus. Perencanaan, implementasi, dan peningkatan proses yang cermat dicapai melalui manajemen proses bisnis atau Business Process Management (BPM) yang cerdas.

Hyperautomation ini sebenarnya lebih berupa framework (kerangka kerja) dan seperangkat teknologi canggih untuk otomatisasi penskalaan di sebuah bisnis, organisasi atau perusahaan. Goals atau tujuan akhir dari otomatisasi cerdas ini adalah untuk mengembangkan proses otomatisasi perusahaan.

Pengimplementasian solusi Robotic Process Automation (RPA) yang disediakan PhinCon merupakan salah satu bentuk menjejaki dan mengekspresikan tren hyperautomation dalam perusahaan. Salah satu contoh hyperautomation pada kegiatan sehari-hari dapat kita temui dalam maps online yang sering digunakan. Saat menggunakan maps, kita hanya perlu memasukkan alamat tujuan dan sistem akan memberikan petunjuk jalan.

 Saat ini, pembelajaran hyperautomation sangat penting dalam perusahaan. Karena dua atau lima tahun kedepan sistem ini mungkin telah menjadi hal umum dalam perusahaan. Secara tidak langsung seorang ahli bernama Gartner, mendorong para pimpinan TI untuk terus berinovasi dan memperbaharui strategi untuk kemajuan perusahaan. 

Penulis: Wanda Marissa | Illustrator: Arsy Eric

References

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »