Tanggal :19 January 2022

Hotel Teraskita Jakarta Menerapkan Green Building sebagai Implementasi Smart City di Ibu Kota

Kota Jakarta merupakan kota metropolitan yang disetiap sudut kota memiliki bangunan gedung pencakar langit. Maka tidak heran apabila Jakarta dinobatkan sebagai Ibu Kota Negara Indonesia.  Aktivitas sosial-ekonomi di kota ini cenderung signifikan. Masyarakat berlalu-lalang dan banyak gedung-gedung bertingkat yang membuat pemanasan global semakin meningkat (Dwi, 2019). Melihat hal ini, kualitas lingkungan di Jakarta berada di level yang kurang baik. Salah satu solusi untuk mengatasi pemanasan global di sektor konstruksi bangunan adalah dengan membangun green building

Di Indonesia green building belum banyak dibangun karena pemerintah belum menetapkan kewajiban membangun green building secara keseluruhan. Green building di Indonesia baru diwajibkan (mandatory) di Kota Jakarta pada tahun 2012 yaitu melalui Peraturan Gubernur No. 38 Tahun 2012 (Lilo, dkk, 2014). Secara umum, konstruksi hijau (green construction) merupakan proses konstruksi dengan menekankan peningkatan efisiensi dalam penggunaan air, energi, dan material bangunan mulai dari desain, pembangunan, hingga pemeliharaan pembangunan tersebut ke depan (Dwi, 2019). 

Di Jakarta, ada beberapa gedung yang sudah menerapkan konsep green building ini, salah satunya gedung hotel Terask ita yang lokasinya berada di Cawang Jakarta Timur. Hambatan terbesar dari membangun green building ini adalah biaya yang dikeluarkan cukup tinggi. Tetapi manfaat untuk biaya operasional tahunan lebih hemat. Chief Engineering Teraskita Asep Arifin mengatakan, pihaknya bisa menghemat ongkos operasional perusahaan sampai 50 persen dalam satu tahun karena menerapkan konsep bangunan hijau (https://properti.kompas.com/).

Sumber : jendela360.com

Secara nominal, jumlahnya mencapai Rp 2,7 miliar per tahun. Angka itu setara dengan konsumsi energi dari 405 rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan konsumsi air dari 147 rumah dengan tipe yang sama. Ada beberapa cara yang diaplikasikan dalam pengelolaan gedung tersebut, antara lain melalui pengaturan sistem kelistrikan dan konsumsi air. “Kami atur listriknya, misalnya penggunaan AC sampai meteran listrik. Untuk airnya, kami punya sistem recycling. Air bisa dihemat dan dibagi, misalnya untuk yang diminum dan menyiram tanaman,” kata Asep (https://properti.kompas.com/). Selain itu, Hotel ini sudah mendapatkan sertifikasi Gold Green Building yang dihasilkan dalam bentuk bangunan hotelnya yang unik dikelilingi tanaman lokal meliputi salah satu syarat presentasi sebagai hotel gold green building (https://jabarekspres.com/). 

Penerapan green building ini sejalan dengan program pemerintah terkait smart city, pengimplementasian smart environment pada greenbuilding di kota-kota besar sangat diperlukan guna mengatasi masalah global warming. Karena sejatinya, Green building merupakan salah satu bagian dari sustainable development (pembangunan berkelanjutan) yaitu sebuah proses yang menyadarkan manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya dalam melindungi dan meningkatkan sistem daya dukung bumi (the Earth’s life support systems). Dalam kerangka pembangunan berkelanjutan, green building bermanfaat bagi kesehatan manusia, komunitas, lingkungan, dan biaya siklus hidupnya (life-cycle cost).

Sumber : bukitbengawan.com

Pemprov DKI mengharapkan implementasi green building dapat diterapkan di gedung-gedung lain agar kota Jakarta lebih ramah lingkungan dan bisa menerapkan elemen-elemen pada smart city yang salah satu indikatornya smart environment (https://properti.kompas.com/).

Ditulis Oleh Muhammad Sadam

Referensi:

Dwi, Novia. 2019. “Kajian Penerapan Green Construction Pada Proyek Gedung di Kota Bandung”, Thesis, Institut Teknologi Nasional.

Hutapea, Erwin. 2019. Bersertifikat Gedung Hijau, TerasKita Irit 50% Biaya Operasional. Dalam berita https://properti.kompas.com/read/2019/02/26/130023221/bersertifikat-gedung-hijau-teraskita-irit-50-persen-biaya-operasional?page=all diakses pada tanggal 17 September 2021. 

Lilo, dkk., 2014. “Kajian Penerapan Green Building Pada Gedung Bank Indonesia Surakarta”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan. Vol. 7 No 2. Unknown. 2016. Dafam TerasKita Jakarta Sandang Gold Green Building. Dalam berita https://jabarekspres.com/berita/2016/01/05/dafam-teraskita-jakarta-sandang-gold-green-building/ diakses pada tanggal 17 September 2021.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *