Tanggal :10 December 2022

Historis Alat Komunikasi Masa Lampau Hingga Masa Kini

Gambar 1. Design By: Sumanto

Menilik historitas perkembangan alat komunikasi, sejak zaman dahulu manusia telah menciptakan berbagai alat dalam melakukan komunikasi khususnya media komunikasi jarak jauh untuk mendapatkan informasi atau tujuan lainnya tanpa perlu mendatangi langsung ke tempat tujuan untuk mengetahui informasi tersebut. Untung saja, manusia sebagai makhluk sosial yang memiliki keunggulan akal dibanding makhluk tuhan lainnya memiliki cara cerdas untuk saling memahami satu sama lain. Ya, komunikasi. Sejarah perkembangan komunikasi terus mengalami perubahan di setiap masa. Mulai zaman prasejarah hingga era modern seperti saat ini.

Untuk saat ini, kita mungkin mengenal ponsel sebagai alat komunikasi. Jika kita melihat ke belakang, sudah banyak alat komunikasi yang menemani manusia dalam berinteraksi, mulai prasasti, hingga ponsel yang banyak digenggam saat ini. Selain itu, alat komunikasi zaman sekarang memiliki perkembangannya tersendiri, dari penggunaan media cetak hingga media elektronik. Pastinya, perlu diketahui macam-macam alat komunikasi zaman lampau atau tradisional dan alat komunikasi yang banyak digunakan saat ini. Apa saja macam-macam alat komunikasi tradisional dan modern? Berikut ini rangkuman tentang macam-macam alat komunikasi tradisional dan modern lengkap beserta penjelasan, seperti dilansir dari laman inspired2write.com, dikutip bola.com. 

Gambar 2. Sumber : serviceacjogja.pro

Alat Komunikasi Masa Lampau:

1. Merpati Pos

Sejak dulu, burung merpati sudah digunakan untuk menyampaikan pesan jarak jauh. Saat masa perang dulu, merpati memiliki kegunaan yang luar biasa, apalagi dulu belum tersedia alat komunikasi yang canggih sehingga merpati satu di antara yang digunakan untuk menyampaikan pesan militer yang bersifat rahasia.

2. Telepon Kaleng

Telepon kaleng merupakan macam-macam alat tradisional yang masih sering dipraktikkan di sekolah karena pembuatannya yang mudah. Jarak komunikasi dengan telepon kaleng ini memang tidak bisa terlalu jauh, hanya 5-10 meter.

3. Telegraf

Telegraf merupakan alat komunikasi yang menggunakan perantara listrik untuk mengirim dan menerima sinyal sesuai kode dalam bentuk pulsa listrik. Di dalam telegraf terdapat kabel dan tembaga yang berguna untuk mengirim sinyal dari jarak jauh.

4. Lonceng, Kentungan

Alat-alat ini adalah alat yang mengeluarkan suara, maka dari itu ada beberapa alat yang mengeluarkan suara lainnya yang dijadikan macam-macam alat komunikasi tradisional. Kentungan sampai sekarang ini masih cukup sering digunakan saat pos ronda atau membangunkan sahur, sedangkan lonceng masih digunakan di beberapa sekolah dan gereja.

Gambar 3. Sumber : www.seputarit.com

Alat Komunikasi Modern:

1. Komputer

Komputer merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk memanipulasi serta mengelola data berdasarkan perintah yang diberikan oleh pengguna komputer tersebut.

2. Radio

Radio merupakan alat komunikasi yang bisa menyampaikan informasi dengan suara dan sinyal, dengan menggunakan gelombang elektromagnetik.

3. Telepon Genggam

Telepon genggam mempunyai teknologi yang lebih tinggi dari telepon kabel. Semakin berkembangnya teknologi ini maka tercipta smartphone yang sudah banyak dimiliki orang saat ini. Berkomunikasi dengan ponsel pintar sudah bisa dilakukan dengan fitur video call yang memungkinkan seseorang tidak hanya mendengarkan suara lawan bicaranya yang jauh, namun juga melihat wujudnya secara nyata.

4. Televisi

Televisi menjadi barang yang wajib ada di rumah saat ini. Melalui televisi seseorang bisa mendapatkan informasi sekaligus gambar. Berita yang disampaikan tidak hanya suara saja, namun dilengkapi dengan gambar bahakan penyebaran informasi menggunakan televisi jauh lebih cepat.

Itulah informasi mengenai sejarah perkembangan teknologi informasi yang saat ini sangat berkembang yang mungkin akan berkembang lagi seiring perkembangan zaman, inovasi, dan permintaan masyarakat terhadap teknologi. 

Penulis: Sadam Khadafi | Illustrator: Sumanto

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »