Tanggal :14 August 2022

Heydar Aliyev Center, Karya Fenomenal Zaha Hadid

Heydar Aliyev Center, mahakarya dari seseorang Zaha Hadid | Foto: Alamy

Heydar Aliyev Center atau dikenal sebagai Heydar Aliyev Merkezi adalah pusat kebudayaan yang terletak di Baku, Azerbaijan. Zaha Hadid memenangkan sayembara desain Gedung Pusat Kebudayaan Nasional Azerbaijan ini pada tahun 2003 dan pengerjaan konstruksinya dimulai pada tahun 2007.

Desain eksterior dari Heydar Aliyev Center | Foto: Hufton Crow, ArchDaily

Desain yang dibuat Hadid adalah kurva raksasa yang saling menyambung satu sama lain sebagai bidang aerodinamis untuk menahan hembusan angin yang kuat di kota Baku. Saat pengerjaan konstruksinya, Heydar Aliyev Center dinobatkan sebagai bangunan berstruktur ekstrim di dunia pada tayangan film dokumenter Discovery Channel. Bangunan ini memiliki tiga ruang berbeda, di sayap barat terdapat museum, di sayap timur adalah gedung opera dan ruang konferensi, sementara di bagian utara yang menjulang adalah perpustakaan dan ruang-ruang multifungsi. 

Keindahan Interior dari gedung opera Heydar Aliyev Center | Foto: Hufton Crow, ArchDaily

Detail dari bangunan dapat dilihat dari panel beton bertulang kaca-serat yang menciptakan permukaan dinding bergelombang, semua kolom vertikal disembunyikan di dalam dinding tirai, sementara jendela dan pintu masuk ditempatkan di celah antara volume yang berbeda. Untuk menekankan hubungan yang berkelanjutan antara eksterior dan interior gedung, pencahayaan Heydar Aliyev Center menggunakan strategi desain pencahayaan yang membedakan bacaan siang dan malam gedung.

Lanskap Heydar Aliyev Center | Foto: Hufton Crow, ArchDaily

Di bagian interior, pengunjung akan disambut dengan pemandangan kota Baku yang luas dari balutan kaca besar mengikuti bentuk kurva bagian dalam. Sementara di bagian ruang konferensi, struktur kayu mendominasi seluruh sudut ruang yang berkapasitas 1.200 orang. Pada sayap utara, terdapat ruang serbaguna yang berdinding susunan kaca besar dan di sampingnya menjulang tinggi perpustakaan dengan 9 lantai dan memiliki luas lantai yang berbeda dengan ketinggian 74 meter.

Bangunan ini memiliki koleksi-koleksi peninggalan mantan presiden Azerbaijan, Heydar Aliyev yang dimuseumkan. Museumnya memiliki 4 lantai yang terhubung oleh tangga besar yang menempel pada dinding berbentuk setengah lingkaran. Adapun koleksi yang dimuseumkan seperti mobil Limosin Chaika Gaz-13 yang digunakan oleh Presiden Heydar pada tahun 1972-1980. Selain itu, ada koleksi foto serta tayangan multimedia atraktif yang menampilkan cerita Heydar dari kecil hingga perjalanannya menjadi presiden.

Zara Hadid, Rata arsitektur modern | Foto: Sohu

Salah satu masterpiece dari Zaha Hadid ini dianugerahi beberapa nominasi dalam perhelatan penghargaan arsitektur tingkat dunia seperti RIBA Sterling Awards 2011 dan World Architecture Festival 2012. Heydar Aliyev Center berhasil menjadi ikon pariwisata, pendidikan dan kebudayaan kota Baku, Azerbaijan.

Penulis: Mia Patricia | Illustrator: Rizky Sabilurrasyid

Referensi:

  1. https://antiminiatuur.wordpress.com/2014/04/01/pusat-kebudayaan-heydar-aliyev/
  2. https://id.furniturehomewares.com/2013-11-14-zaha-hadid-heydar-aliyev-centre-baku
  3. https://muslimobsession.com/mengenali-azerbaijan-dari-heydar-aliyev-museum-my-trip-in-baku-6/
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »