Tanggal :27 January 2022

Graph Technologies: Tren Dunia Digital Tahun Mendatang

Perkembangan inovasi dan teknologi digital kian pesat, hal tersebut berdasarkan hasil riset yang dilansir perusahaan riset teknologi informasi Gartner. Seiring dengan kemajuan tersebut, data yang menjadi pilar dari dunia digital akan semakin intens dikelola. Salah satu tren yang akan berkembang pesat pada masa depan adalah Graph Technologies atau yang disebut Teknologi Graph.

Teknologi Graph akan menjadi tren dan kebutuhan dalam pengelolaan data. Hal ini sesuai dengan visi penyedia Graph Analytics terkemuka TigerGraph untuk terus berinovasi menyediakan platform layanan Teknologi Graph. Tren digitalisasi bukanlah semboyan semata, melainkan sebuah kebutuhan primer bagi pelaku usaha untuk bisa semakin maju. Instrumen analitik graph bisa menjadi solusi untuk meningkatkan intensitas manajemen data yang dapat memberikan output yang dibutuhkan oleh dunia usaha.

Dr Jay Yu selaku Vice President Product and Innovation TigerGraph menyampaikan bahwa Graph Database akan menjadi komponen analisis dan manajemen data yang penting dalam lanskap digitalisasi data tahun 2022.

Menurut Dr Jay Yu terdapat empat alasan besar terhadap pentingnya Graph Database, yaitu Graph menjadi solusi inovatif bagi perusahaan di berbagai sektor, Graph akan semakin terintegrasi dengan Machine Learning dan Artificial Intelligence, Graph Query Language (GQL) yang segera terstandarisasi TigerGraph untuk terus menggencarkan pengembangan Graph Database serta berkomitmen penuh menawarkan Graph berskala petabyte/petabita dalam dua tahun mendatang dan awareness terhadap Graph Database meningkat pesat pada tahun mendatang. Masyarakat akan menyaksikan adopsi yang cepat dan masif dari Graph Database karena data dan pembelajaran data saling berkaitan dan berkembang.

Berdasarkan empat alasan tersebut dapat disimpulkan bahwa Graph Database memberikan nilai tambah yang sangat signifikan terhadap machine learning melalui analitik graph. Oleh karena itu, akan lebih banyak perusahaan yang beralih dari pola pikir eksplorasi ke produksi pada tahun depan.

Penulis: Wanda Marissa | Illustrator: Arsy Eric

References

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.