Tanggal :2 July 2022

Get to Know: Talent Management System

Penggambaran pekerjaan human resource | Sumber: Jo Szczepanska, Unsplash

Hai Smart People! Buat Kamu yang bekerja di bagian Human Resources (HR) pasti sudah cukup familiar dengan istilah talent management. id.hrnote.asia mendefinisikan talent management sebagai metode menarik (attracting) yang sistematis, pengidentifikasian, pengembangan, engagement/retention dan penempatan individu-individu dengan potensi tinggi yang bernilai bagi suatu perusahaan.

Kegunaan talent management yang paling umum diketahui adalah sebagai perencana karir. Perencanaan karir berfungsi untuk menentukan jenjang karir, masa karir seseorang, hingga target-target individu yang harus dicapai untuk melangkah ke jenjang karir yang lebih tinggi lagi. Dilansir dari qubisa.com, perencanaan karir merupakan sebuah proses di mana seseorang merancang dan mengambil langkah yang ditempuh, untuk kemajuan karir mereka secara personal.

Penggambaran sumber daya manusia yang terampil | Sumber: Family First

Tidak hanya digunakan untuk perencanaan karir karyawan, talent management terkadang digunakan dalam pengelolaan bakat serta pengembangan diri bagi karyawan. Talent management berperan penting di perusahaan karena sumber daya manusia (SDM) merupakan orang-orang yang berusaha untuk mencapai tujuan perusahaan yang mencakup tiga aspek yaitu pendidikan, pengalaman dan pelatihan.

Talent management juga berperan sebagai simple mapping organizational structure, dimana kemampuan perusahaan dalam mengelola SDM yang dimiliki berdampak pada kelincahan SDM bersinergi dengan berbagai perubahan yang terjadi. Kemampuan ini harus berakar pada kerangka (framework) pengetahuan yang benar dan tepat mengenai talent management agar program implementasi yang dilakukan sejalan dengan visi dan misi organisasi.

Itu dia beberapa manfaat dari talent management, Smart People! Di Citiasia Inc., setiap dua minggu sekali diadakan Town Hall Meeting untuk mengevaluasi kinerja interns dan untuk menemukan solusi dari beberapa kendala yang dihadapi. Kalau di perusahaan Kamu bagaimana? Berikan komentarmu di bawah ya. awah ya!

Penulis : Mia Patricia | Illustrator: Rizky Sabilurrasyid

Referensi:

  1. https://id.hrnote.asia/orgdevelopment/mengenal-talent-management-300720/
  2. https://www.qubisa.com/article/pengertian-talent-management-dan-tujuannya-dalam-perusahaan#showContent
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »