Tanggal :27 January 2022

Gamification: Strategi Marketing yang Menarik, Tingkatkan Engagement

Gamification adalah sebuah tren dalam dunia marketing yang sedang sangat populer. Perusahaan besar di dunia telah meluncurkan paling tidak satu aplikasi dengan gamification. Tentu saja, perkembangannya terus melonjak karena strategi gamification dipercaya mampu meningkatkan engagement.

Gamification dalam dunia marketing adalah suatu teknik atau metode yang menerapkan permainan atau game ke dalam strategi pemasaran. Melalui penerapan strategi gamification, Smart People dapat menambahkan berbagai elemen menarik pada situs website atau aplikasi dengan tantangan, hadiah dan lainnya. 

Agar bisa menghasilkan strategi gamification yang sukses, terdapat tiga hal penting yakni poin, badges dan papan peringkat. Hal tersebut mampu memicu ketertarikan para pengguna untuk bisa berlomba-lomba dalam permainan. Gamification terbukti mampu meningkatkan nilai engagement, brand loyalty, serta nilai positif lainnya dalam suatu perusahaan.

Selain itu, manfaat lain dari gamification adalah membuat sales funnel menjadi lebih baik. Gamification cukup berkesan bagi banyak orang dan dapat menimbulkan brand awareness karena menarik. Jika orang-orang telah mengenal brand kemudian memikirkannya, mereka akan penasaran dan mulai berlangganan atau membeli barang dari brand tersebut. 

Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan Survey Anyplace, gamification adalah satu dari sekian banyak cara yang berguna untuk meningkatkan engagement pelanggan, calon pelanggan klien. Memberikan suatu hadiah menarik dengan menerapkan permainan terbukti mampu meningkatkan loyalitas serta opini yang positif terkait produk atau brand. Selain itu, gamification juga terbukti mampu memberikan kesan pencapaian serta kompetisi yang baik untuk para pelanggan.

Orang-orang cenderung ingin dipandang dan mendapatkan imbalan setelah melakukan pekerjaan yang baik atau menang dari orang lain. Oleh karena itu, gamification adalah cara meningkatkan engagement yang tepat. Gamification juga membantu prospek mengenali satu sama lain. Melalui gamification dapat menciptakan segmentasi calon konsumen agar pemasaran bisa dilakukan secara lebih tepat.

Salah satu gamification yang sangat populer adalah Goyang Shopee. Goyang Shopee adalah permainan yang juga merupakan kampanye marketing yang menarik dan disenangi banyak orang karena hadiahnya yang menarik, yaitu koin Shopee. Koin Shopee yang diperoleh dapat dibelanjakan sebagai potongan harga barang.

Nah Smart People, itulah penjelasan mengenai gamification dalam marketing. Gamification adalah strategi marketing yang nampaknya akan terus menjadi populer untuk beberapa tahun mendatang. Apakah Smart People memiliki sebuah bisnis? Jika iya, akankah Smart People menggunakan metode gamification untuk meningkatkan brand awareness? Bagikan jawaban atau pengalaman kalian di kolom komentar, ya!

Penulis: Wanda Marissa | Illustrator: Arsy Eric

References

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.