Tanggal :1 July 2022

Food Branding: Perusahaan Makanan di Israel Bikin Burger Nabati dari Printer 3D

Gambar 1. Design by: Sumanto

Perusahaan teknologi makanan asal Israel, SavorEat, meluncurkan printer 3 dimensi (3D) yang bisa memproduksi burger nabati. Melansir Reuters, perusahaan tersebut menjadi yang pertama menerapkan teknologi pencetakan 3D untuk memasak makanan. 

Kepala eksekutif SavorEat, Racheli Vizman, mengatakan bahwa langkah tersebut merupakan campuran inovasi alternatif daging dan manufaktur digital. Adapun kartrid yang dipakai dalam printer tersebut berisi minyak dan bahan lainnya.

Jika biasanya produk olahan daging nabati disajikan dalam bentuk frozen kemudian dimasak, seperti halnya produk burger nabati dari perusahaan Impossible Foods dan Beyond Meat. Maka burger nabati buatan SavorEat menjadi menjadi berbeda dan unik .

Pelanggan dapat memilih berapa banyak lemak dan protein yang mereka inginkan di setiap burger dan akan langsung dibuat di tempat. Kendati begitu, proses memasak burger tergolong lama, yaitu membutuhkan waktu selama enam menit untuk setiap burger.

Burger yang terbuat dari bahan-bahan nabati tersebut dipicu oleh permintaan terhadap alternatif daging yang telah melonjak dalam beberapa tahun terakhir di Israel. Kesadaran konsumen terhadap kesehatan dan masalah lingkungan mendorong semua tindakan itu.

Sejalan dengan tindakan tersebut, perusahaan rintisan protein alternatif berhasil memperoleh keuntungan hingga 3 miliar dolar AS pada 2020. Sebuah perusahaan Israel lainnya pada bulan November lalu juga telah mulai menjual potongan daging nabati utuh di restoran Eropa.

Inovasi tersebut telah menciptakan suatu food branding bagi perusahaan. Melihat Saham SavorEat yang terdaftar di Tel Aviv mengalami kenaikan signifikan pada Selasa (28/12/2021). Perusahaan mengatakan bahwa produk awalnya akan disajikan untuk rantai pasokan burger lokal.

Perusahaan tersebut bekerja sama dengan perusahaan layanan makanan Yarzin Sela, yang memasok perusahaan teknologi tinggi Israel. Dilansir The Times Of Israel, SavorEat telah menjalin kesepakatan dengan Sodexo, perusahaan Amerika Serikat yang menyajikan burger vegannya yang diklaim bebas gluten dan alergen. Sodexo memasok burger nabatinya ke universitas-universitas di seluruh negara bagian. 

Apakah kamu tertarik untuk mencoba nya? Jangan lupa baca berita dan informasi menarik lainnya hanya di smartnation.id ya!

Penulis: Sadam Khadafi | Illustrator: Sumanto

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »