Tanggal :26 September 2022

Flip: Kemudahan Transfer Antar Bank yang Berbeda Tanpa Biaya Administrasi

Apakah Smart People sering melakukan transaksi transfer antar bank? Tepat sekali, transfer uang antar bank adalah aktivitas perbankan yang mungkin sering kita lakukan. Sudah tak asing lagi, bahwa transfer sejumlah uang ke bank yang berbeda akan dikenai biaya tambahan. Untuk menjawab masalah tersebut hadirlah layanan aplikasi Flip yang akan memudahkan setiap orang untuk transfer uang antar bank bebas biaya. Bahkan cara mendaftar flip juga sangat mudah dilakukan.

Aplikasi Flip merupakan aplikasi transfer uang asal Indonesia yang gratis antar bank dan telah masuk dalam daftar Forbes 30 under 30 Asia 2021. Forbes merilis daftar anak muda yang masuk dalam daftar 30 under 30 Asia 2021. Dari daftar yang ditampilkan, sejumlah anak muda Indonesia berusia di bawah 30 tahun dianggap mampu memberikan terobosan turut masuk dalam daftar Forbes. Salah satunya, Rafi Putra Arriyan CEO Flip yang masuk dalam kategori Finance & VC di daftar Forbes tersebut.

Rafi dan dua rekannya yang merupakan alumni kampus yang sama telah merintis Flip sejak tahun 2015 untuk mentransfer dana satu sama lain dengan biaya yang murah. Flip kemudian berkembang menjadi aplikasi keuangan lengkap yang memungkinkan individu dan bisnis untuk mentransfer dana dari bank ke bank tanpa biaya. Digunakan oleh jutaan orang Indonesia, kesuksesan Flip telah menarik dana dari Sequoia India dan Insignia Venture Partners Singapura.

Dikutip dari laman resmi Flip, Flip adalah aplikasi untuk melakukan transfer beda bank tanpa biaya, pengiriman uang ke luar negeri, pembelian pulsa dan paket data, token listrik, serta pengisian saldo e-Wallet. Flip bekerja sebagai transaksi antar bank. Cara kerja Flip, pengguna cukup melakukan transfer terlebih dahulu ke rekening Flip yang sama dengan bank yang dimiliki. 

Kemudian, Flip akan meneruskan uang pengguna ke rekening tujuan menggunakan bank yang sama dengan rekening tujuan. Perlu diingat Flip tidak dapat melakukan debit otomatis dari rekening pengguna. Sehingga, pengguna tetap perlu transfer ke rekening Flip melalui ATM/SMS Banking/Internet Banking/Mobile Banking dari bank yang sama dengan bank yang dimiliki. 

Namun, lantaran skema transfernya ke sesama bank maka pengguna tidak kena biaya transfer atau gratis.  Flip juga tidak memberikan batasan frekuensi transfer setiap harinya. Tetapi, dalam sehari Flip telah menetapkan limit nominal transfer. Flip telah menetapkan per hari limit nominal transfer gratis yang diberikan ke setiap pengguna sebesar Rp 5 juta per hari. Jika melebihi limit, pengguna bisa mentransfer dengan biaya Rp 2.500 per transaksi. 

Keuntungan Flip didapatkan dari layanan Flip+, Big Flip for Business, dan Flip Globe yang terdapat biaya transfer pada setiap transaksinya. Selain itu, Flip juga mendapatkan keuntungan dari penjualan produk digital seperti pulsa, paket data, token listrik, dan pengisian e-Wallet.

Saat ini, Smart People sudah tak perlu bingung lagi jika hendak transfer ke sejumlah bank yang berbeda. Akan tetap hemat karena tidak ada biaya administrasi yang dikenakan, ditambah dengan kemudahan karena dapat digunakan pada smartphone sehingga sangat efisien.

Penulis: Wanda Marissa | Illustrator: Arsy Eric

References

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »