Tanggal :2 July 2022

Finlandia, Negara dengan Tingkat Literasi Tertinggi di Dunia

Katedral yang menjadi salah satu landmark kota Helsinki di Finlandia | Sumber: Jaako Kemppainen, Unsplash

Halo Smart People! Sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang tingkat literasi Indonesia yang dapat terbilang cukup rendah dan perlu mendapatkan perhatian lebih. Jika Indonesia berada di peringkat yang rendah, siapa yang menduduki peringkat tertinggi? Finlandia! 

Membaca merupakan suatu hal yang biasa di Finlandia. Terdapat 738 perpustakaan yang terbagi menjadi perpustakaan umum dan perpustakaan universitas, belum termasuk 140 perpustakaan keliling yang melayani masyarakat yang berada di pedesaan. Jumlah yang dapat dikatakan cukup besar apabila melihat jumlah penduduk Finlandia pada 2019 tercatat sebanyak 5,518 juta jiwa.

Budaya membaca di Finlandia diperkenalkan sejak masyarakat berusia dini lewat dongeng yang dibacakan sebelum tidur dengan tujuan membentuk karakter anak. Dukungan pemerintah Finlandia juga berperan penting terhadap budaya membaca di negara ini. Tercermin dari pemberian bingkisan paket perkembangan anak kepada keluarga yang baru memiliki bayi yang di dalamnya terdapat buku bacaan untuk orang tua beserta bayinya.

Salah satu acara televisi dari kanal televisi milik Amerika Serikat yang tayang di Finlandia | Sumber: DigiScoop

Bidang hiburan turut berperan dalam meningkatkan budaya membaca di Finlandia. Bagaimana caranya? Program acara yang berbahasa asing di negara ini  tidak dialih suarakan dan hanya boleh diberikan teks terjemahan. Jika penonton ingin tahu apa yang dikatakan oleh para pemeran yang ada di TV, mereka harus membaca teks terjemahan yang ada. Melalui cara ini, masyarakat menjadi terbiasa untuk membaca setiap nonton acara asing di televisi.

Sekolah di Finlandia dimulai pada saat anak berusia 7 tahun, cukup lebih lama dibandingkan usia anak mulai bersekolah di Indonesia. Guru-guru yang mengajar di sekolah juga sudah teruji kompetensinya. Sepulang sekolah, anak diwajibkan belajar Bahasa Inggris dan membaca satu buku setiap minggu. Sistem pendidikan di sini tidak berfokus pada nilai dan peringkat di kelas, namun lebih kepada self discovery anak. Kompetisi juga tidak ditekankan, melainkan kolaborasi lah yang ditingkatkan. 

Hal-hal kecil yang diterapkan Finlandia saat masyarakatnya masih berusia dini memiliki dampak yang besar dalam perkembangan minat baca di negara ini. Indonesia dalam usaha meningkatkan literasinya, dapat belajar dari negara Finlandia. Karena, dalam praktiknya, peran guru di sekolah, orang tua di rumah dan fasilitas dari pemerintah merupakan alasan Finlandia dapat menjadi negara dengan tingkat literasi tertinggi di dunia.

Penulis: Mia Patricia | Illustrator: Rizky Sabilurrasyid

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »