Tanggal :21 May 2022

Email Marketing: Bentuk Pemasaran Digital untuk Membangun Brand Awareness

Jika Smart People sedang mencari strategi marketing terbaru untuk bisnis kalian, email marketing bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Singkatnya, email marketing adalah salah satu cara paling efektif untuk berkomunikasi dan membangun koneksi dengan calon maupun konsumen setia kalian.

Banyak ide konten yang bisa digunakan untuk menjaga komunikasi dengan pelanggan seperti memberikan info layanan terbaru, diskon untuk pelanggan lama, promo hari besar, event hingga promo spesial ulang tahun.

Tujuan utama email marketing adalah agar dapat terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan secara lebih personal, kemudian mempertahankan hubungan tersebut dengan baik, sekaligus “mengaktifkan” kembali pelanggan yang pasif hingga konversi menjadi penjualan.

Melalui sebuah email, penyampaian segala informasi dan promosi dapat lebih detail dan lengkap seperti pada penulisan caption, gambar dan video dan materi promosi bisnis. Sehingga calon konsumen bisa memahami apa yang disampaikan dengan lebih jelas dan tingkat konversi dalam bisnis bisa meningkat.

Jika dibandingkan dengan channel marketing lainnya, email marketing terbilang lebih murah dan efektif. Pasalnya, dengan satu klik kalian bisa menjangkau puluhan ribu email target pelanggan. Apabila menggunakan iklan digital berbayar, pastinya membutuhkan biaya yang lebih besar untuk menjangkau audiens dengan jumlah yang sama.

Penelitian dari The Radicati Group menyebutkan bahwa tahun 2017-2021 lebih dari 34% pengguna internet (sekitar 2.5 miliar) menggunakan surat elektronik atau email. Jumlah yang sangat besar ini menjadi bukti bahwa strategi pemasaran melalui email masih menjadi pilihan channel marketing yang efektif hingga saat ini. 

Email marketing merupakan teknik pemasaran yang paling diminati karena potensi bisnis yang dapat dihasilkannya sangat besar. Tidak hanya efektif untuk menjangkau konsumen, email marketing juga strategi komunikasi yang tepat untuk membangun hubungan baik dengan konsumen sekaligus memperkuat branding. Setiap kali email muncul di notifikasi perangkat target pelanggan, maka saat itu pula sebuah brand tertanam di benak mereka. Nah apakah Smart People sudah menggunakan email marketing sebagai salah satu strategi pemasaran bisnis kalian? Bagikan pengalaman kalian di kolom komentar, ya!

Penulis: Wanda Marissa | Illustrator: Arsy Eric

References

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »