Tanggal :10 December 2022

E-Desa, Mewujudkan Smart Village

Desa wajib  memberikan perhatian dalam perkembangan teknologi pada era digital saat ini, terlebih dominasi dari sosial media dan teknologi informasi yang sebagai salah satu indikator kemajuan bagi suatu negara. Desa menjadi bagian dari negara telah seharusnya mulai menerapkan liputan informasi, mulai berdasarkan penyelenggaraan pemerintahan hingga menggunakan pengelolaan kehidupan sosial ekonomi masyarakatnya bahkan pula pada bidang pembangunan desa.

Penerapan teknologi pada desa sejalan dengan berkembangnya konsep pembangunan desa berbasis teknologi liputan yang biasa dianggap smart village. Konsep smart village merupakan desa yg menerapkan teknologi sempurna guna memperkenalkan potensi, menaikkan ekonomi, dan membentuk kemudahan pada segala aspek kehidupan masyarakat.

Sistem dari e-Desa adalah cara untuk membuat Smart Village yang paling efektif. E-Desa memberikan kemudahan bagi pemerintah desa dalam pelayanan dan pembangunan desa menggunakan sistem online server dan aplikasi.

E-Desa adalah layanan berbasis web yang memfasilitasi desa dalam mengelola data dan membicarakan liputan secara luas pada rakyat, juga masyarakat di luar desa. Dalam pengembangan e-Desa, pengelola membutuhkan penyediaan aneka macam infrastruktur misalnya server, storage, software, wireless, hosting untuk mendukung pengelolaan situs liputan desanya.

E-Desa merupakan upaya penerapan sistem e-Government menggunakan UU Desa. Pengembangan e-Desa akan melahirkan smart village yang menerapkan teknologi sempurna yang akan berguna untuk aneka aspek kehidupan rakyat.


Desa Cibeureum di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung adalah salah satu desa yg berhasil menerapkan konsep smart village. Keberhasilan penerapan konsep smart village dikarenakan pengembangan sistem liputan e-Desa pada kehidupan rakyat sehari-harinya.

Sumber : https://cibeureum.desa.id/, Website Resmi Desa Cibeureum

Tujuan penerapan e-Desa Cibeureum merupakan menaikkan kualitas pelayanan administrasi dan penyebaran liputan kemasyarakatan, khususnya untuk buruh tani serta pelaku UMKM yang mencari liputan dan menyebarkan potensi Desa Cibeureum. Tahapan awal keberhasilan smart village pada Desa Cibeureum berupa adanya pemahaman warga desa mengenai liputan serta teknologi informasi dan komunikasi pada e-Desa.


Sistem liputan e-Desa membangun interaksi antara pemerintah menggunakan warga  secara lebih optimal untuk mewujudkan kehidupan warga  desa yang melek teknologi sempurna agar sinkron menggunakan konsep smart village.

Referensi :

ayobandung.com

elib.unikom.ac.id/files/disk1/679/jbptunikompp-gdl-mellymauli-33927-1-
artikel-a.pdf

researchgate.net/publication/334591898_Pengembangan_Konsep_Smart_
Village_bagi_DesaDesa_di_Indonesia_Developing_the_Smart_Village_Co
ncept_for_Indonesian_Villages

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »