Tanggal :26 September 2022

Dorong Percepatan Digitalisasi, Bayar PBB Kini bisa Pakai QRIS Lho!

Gambar 1. Design by: Sumanto

Memasuki era transaksi digital, pemerintah daerah pun harus segera mengikuti perkembangan digital dalam mengelola penerimaan pendapatan daerah. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) yang merupakan upaya mengubah transaksi pendapatan dan belanja Pemerintah Daerah (Pemda) dari cara tunai menjadi non tunai berbasis digital.

Baru-baru ini Pemkot Palangka Raya, Kalimantan Tengah, meluncurkan metode pembayaran pajak daerah melalui Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS). Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu mengatakan pemanfaatan QRIS tersebut menjadi upaya pemkot meningkatkan efisiensi pengumpulan pajak daerah. Dia juga berharap strategi tersebut dapat mendorong kepatuhan masyarakat membayar pajak daerah.

“Manfaat yang diperoleh dengan adanya digitalisasi daerah bagi Pemda adalah optimalisasi pengelolaan pendapatan dan belanja Pemda, sedangkan bagi masyarakat adalah pembayaran menjadi lebih mudah,” ujarnya dalam peluncuran pembayaran PBB melalui QRIS di halaman Kantor Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Palangka Raya Jalan Yos Sudarso Kota Palangka Raya, Senin (31/1/2022)

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Palangka Raya Aratuni Djaban menilai langkah tersebut juga mendukung upaya pemkot memperbaiki tata kelola serta mengintegrasikan sistem pengelolaan keuangan daerah.

“Ini dalam rangka mengoptimalkan pendapatan daerah serta mendukung pengembangan transaksi pembayaran digital di masyarakat guna mewujudkan keuangan yang inklusif,” ujarnya seperti dilansir new.ddtc.co.id.

Sebagai langkah awal, aplikasi QRIS dapat digunakan untuk pembayaran pajak bumi dan bangunan sektor perdesaan dan perkotaan (PBB-P2). Nanti, sistem pembayaran menggunakan QRIS juga akan segera diterapkan untuk pembayaran jenis-jenis pajak daerah lainnya. 

Jangan lupa follow media sosial kami di Instagram @citiasiainc dan @smartnation.id! Terus pantau artikel atau berita menarik lainnya hanya di smartnation.id! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Penulis: Sadam Khadafi | Illustrator: Sumanto

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »