Tanggal :2 July 2022

Dorong Ekosistem Digital, Kominfo Luncurkan Digital Talent Scholarship 2022 di Jateng

Design by: Sumanto

Kementerian Komunikasi dan Informatika membuka pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) 2022 untuk Provinsi Jawa Tengah. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo, Hary Budiarto menyatakan pelaksanaan DTS 2020 melibatkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk menyiapkan masyarakat digital Indonesia 2045. 

“Capaian Program DTS 2021 dari 34 Provinsi se-Indonesia sebanyak 109.917 peserta. Dari data capaian program DTS 2021, Provinsi Jawa Tengah berada dalam urutan 14, sebanyak 7.746 peserta. Tahun ini Kominfo menargetkan sebanyak 20.000 peserta pelatihan,” jelasnya dalam Launching Digital Talent Scholarship 2022 Provinsi Jawa Tengah, di Surakarta, Rabu (26/01/2022) lalu.

Kominfo menjelaskan Program Literasi Digital menyasar semua kalangan masyarakat, termasuk ibu rumah tangga, pedagang hingga generasi muda perlu memahami empat kurikulum dasar yakni kecakapan digital, berbudaya digital, keamanan berdigital dan etika berdigital. 

Hary Budiarto menjelaskan Program DTS 2022 secara nasional menargetkan 200.000 peserta. Program itu terdiri dari beberapa akademi yang menyediakan beasiswa pelatihan digital dengan target sasaran yang berbeda.

“Ada targetnya masyarakat umum untuk kewirausahaan digital melalui Digital Entrepreneurship Academy. Ada pula Thematic Academy dengan tujuan menyiapkan keahlian praktis salah satunya untuk pelaku UMKM,” jelasnya dalam Kabarpasti.com

Sinergitas dalam program ini melibatkan Pemda Tegal yang menggelar pelatihan Digital Entrepreneurship (DEA) yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui program Digital Talent Scholarship (DTS) 2022 Provinsi Jawa Tengah. 

Dalam kegiatan ini, Pemkab Tegal menyiapkan 10 ribu talent digital untuk mensukseskan program pengembangan kompetensi sumber daya manusia di Kabupaten Tegal. Program ini menjadi momentum bersama untuk membangun ekosistem digital yang tangguh.

Selain itu juga mengintegrasikan berbagai kebutuhan layanan publik dan menyelesaikan permasalahan publik secara efektif, efisien melalui konsep pengembangan smart city atau kota pintar.

Penulis: Sadam Khadafi | Ilustrator: Sumanto

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »