Tanggal :19 January 2022

Dilengkapi Dengan Jaringan Seluler 5G, BMW iX Kian Canggih

Pergerakan masif di segmen kendaraan ditunjukkan oleh BMW dengan penambahan fitur baru jaringan seluler 5G dalam Mobil (Sport Utility Vehicle) SUV Listrik BMW iX. Tercapainya penambahan jaringan seluler 5G dikarenakan BMW menjalin kerja sama dengan Vodafone dan Duetsch Telekom. Kelebihan apa saja yang ditawarkan oleh mobil listrik Jerman itu?

Nantinya, dilansir dari otomotif.sindonews.com jaringan seluler terbaru itu akan langsung terintegrasi dengan eSIM yang telah ada di BMW iX. Integrasi eSIM dengan jaringan seluler 5G tersebut akan membuat mobil ini beroperasi secara independen. Sehingga tidak perlu lagi ada intervensi dari ponsel pintar untuk mengakses seluruh fitur yang ada di mobil tersebut. 

Di saat yang bersamaan, eSIM yang sudah mengaplikasikan teknologi 5G bisa berfungsi sebagai mobil hotspot dengan kekuatan jaringan seluler 5G. WiFi berjalan itu nantinya bisa dikoneksi oleh 10 perangkat sekaligus. Tak hanya itu, menariknya lagi BMW memberikan opsi pemindahan eSIM ke mobil listrik BMW lainnya, eSIM dengan jaringan 5G tersebut dapat dipindahkan tanpa harus melakukan izin terlebih dulu ke mobil listrik BMW lain seperti BMW i4 dan BMW i3.

Namun, untuk sementara jaringan seluler 5G tersebut hanya akan berlaku untuk wilayah Uni Eropa. Negara-negara lainnya termasuk di Asia Tenggara masih menyesuaikan dengan ketersediaan jaringan yang ada. Pada kawasan Asia Tenggara, BMW iX sudah melakukan debut di Thailand, Singapura dan Malaysia dan untuk pasar Indonesia, BMW Group Indonesia memastikan BMW iX debut tahun depan. 

Penulis: Wanda Marissa | Ilustrasi: Arsy Eric

Referensi:

  1. https://otomotif.sindonews.com/read/530530/120/makin-keren-bmw-ix-kini-dilengkapi-dengan-jaringan-seluler-5g-1630649349
  2. https://today.line.me/id/v2/article/7koXQm
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *