Tanggal :27 January 2022

Digitalisasi Desa Kerta dan Penerapan Augmented Reality

Digitalisasi Desa Kerta

dan Penerapan Augmented Reality

Sumber: steemotomotif, Steemit

Desa wisata adalah aset kepariwisataan yang berbasis pada potensi pedesaan dengan segala keunikan dan daya tariknya yang dapat diberdayakan sebagai produk wisata untuk menarik kunjungan wisatawan ke lokasi desa tersebut. Desa Kerta adalah salah satu desa yang telah ditetapkan sebagai desa wisata oleh pemerintah Kabupaten Gianyar pada tahun 2018. 

Desa wisata dibentuk untuk memberdayakan masyarakat agar dapat berperan sebagai pelaku langsung dalam upaya meningkatkan kesiapan dan kepedulian dalam menyikapi potensi pariwisata atau lokasi daya tarik wisata di wilayah masing-masing desa. Tujuan dari pembentukan desa wisata adalah untuk meningkatkan posisi dan peran masyarakat sebagai pelaku penting dalam membangun dan meningkatkan kualitas perkembangan kepariwisataan daerah.

Sebagai desa wisata, infrastruktur Desa Kerta sudah cukup siap yaitu meliputi akses jalan, gapura Kebun Raya Gianyar, petunjuk arah daya tarik wisata, penataan Pucaksari Camping Ground, pembuatan jalur trekking, pembuatan jalur cycling, dan sebagainya.

Sumber: HelgaChrist

Ketika wisatawan mengunjungi Desa Kerta, wisatawan dapat menggunakan aplikasi Augmented Reality Desa Kerta. Augmented Reality atau AR  adalah teknologi yang memperoleh penggabungan secara real-time terhadap digital konten yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata. Augmented Reality memungkinkan pengguna melihat objek 2D atau 3D yang kemudian akan diproyeksikan ke dunia nyata. 

Aplikasi AR Desa Kerta merupakan aplikasi guiding real time yang dapat digunakan oleh wisatawan selama eksplorasi. Ketika aplikasi AR digunakan oleh wisatawan, nantinya pengelola potensi wisata seperti Pokdarwis Desa Kerta akan menerima notifikasi, kemudian Pokdarwis dapat menghampiri wisatawan tersebut untuk memandunya selama eksplorasi potensi wisata. 

Penerapan teknologi AR di industri pariwisata dilakukan dengan menambahkan grafik atau informasi berguna lainnya pada lingkungan yang terlihat melalui perangkat yang kompatibel seperti dengan menambahkan petunjuk arah pada platform-nya untuk membantu pengunjung saat melakukan perjalanan wisata.

Nah, itu dia informasi sekilas tentang Desa Kerta. Semoga dapat menambah referensi Smart People untuk mengunjungi destinasi wisata yang ada di Bali ya!

Ditulis Oleh Mia Patricia

Referensi:

http://blog.lintasarta.net/article/solution/smart-city/bagaimana-augmented-reality-dan-virtual-reality-membantu-transformasi-industri-pariwisata

https://digitaldesa.id/artikel/apa-itu-desa-wisata

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.