Tanggal :10 December 2022

Desa Masa Depan di Bulan Rancangan Arsitek Amerika

Sebuah desain arsitektur bertajuk Moon Village menjadi salah satu karya yang mencuri perhatian di Pameran Arsitektur Internasional ke-17, La Biennale di Venesia, Italia. Bagaimana tidak, mahakarya dari firma arsitektur ternama asal Amerika Serikat, Skidmore, Owings & Merrill (SOM) memamerkan rancangan terbaru mereka, yakni hunian masa depan di Bulan bernama “Life Beyond Earth, a Vision for a Moon Village”.

Sumber : archdaily.com

Instalasi dari SOM ini menyajikan ekosistem berkelanjutan yang akan mendukung kehadiran manusia di bulan yang dikembangkan bersama European Space Agency (ESA). Proyek ini menegaskan pentingnya eksplorasi ruang angkasa sembari menyoroti potensi dalam memajukan pengetahuan dan membantu mengatasi masalah di Bumi.

Adapun tempat tinggal yang dihadirkan oleh SOM berupa sebuah modul yang dirancang dalam kerangka kaku dengan cangkang struktural tiup dan jika diamati dari dekat, akan terlihat ruang yang menunjukkan teknik dan teknologi pembentukan tiap modul tersebut, sekaligus gambaran kehidupan sehari-hari di permukaan Bulan.

Direktur Associate SOM Georgi Petrov mengatakan bahwa pameran ini dirancang untuk mendidik dan menginspirasi audiens dari semua latar belakang dan menawarkan eksplorasi ruang angkasa di masa depan. Sementara itu, dari pihak ESA, Colin Koop menyebut kerja samanya dengan SOM menunjukkan bagaimana kolaborasi lintas ilmu pengetahuan dapat mendukung eksplorasi ruang angkasa.

“Dibutuhkan pendekatan yang tidak konvensional untuk proyek ini. Kami menggabungkan keahlian industri bangunan dan ruang angkasa serta menerapkan pengetahuan dari bidang arsitektur, perencanaan kota, sains, perdagangan, dan psikologi” ujar Koop.

Life Beyond Earth, a Vision for a Moon Village menjawab pertanyaan besar dalam pameran di Venezia kali ini, yakni bagaimana gambaran tentang apa yang menjadi babak baru dalam evolusi manusia. Bagaimana menurut Smart People? Jika desa di bulan telah terealisasi akankah berminat untuk tinggal disana?

Penulis : Wanda Marissa | Ilustrasi : Arsy Eric

Referensi: 

  1. https://www.kompas.tv/amp/article/190290/videos/moon-village-desain-hunian-masa-depan-manusia-di-bulan?page=2
  2. https://amp.kompas.com/properti/read/2021/07/05/190000521/arsitek-amerika-rancang-desa-masa-depan-di-bulan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »