Tanggal :10 December 2022

Dampak Marketing Campaign Dalam Perkembangan Bisnis

Ilustrasi Marketing Campaign | Sumber: Bruce Harvey, Twitter

Halo Smart People! Buat Kamu yang berkutat di bidang marketing mungkin sudah cukup familiar dengan yang namanya campaign. Campaign adalah cara mempromosikan produk dari perusahaan dengan pengemasan menarik yang ditampilkan di media. Kegiatan campaign dilakukan untuk menciptakan brand awareness terhadap suatu produk dari perusahaan. Melalui campaign, pemasaran diharapkan memiliki jangkauan yang lebih luas. 

Campaign tidak hanya berbentuk iklan namun juga bisa berupa demo akan suatu produk, edukasi kepada konsumen dan pendalaman produk ataupun pengenalan tentang perusahaan. Ada beberapa tahapan penjualan melalui marketing conversion funnel, sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Fokus utama dari tahap ini adalah membuat brand dikenal luas oleh masyarakat umum, khususnya target audiens. Agar bisa sukses, perhatikan aspek brand recognition dan brand awareness.

  1. Mendatangkan Prospek

Langkah selanjutnya adalah leads, menggiring audiens yang berpotensi untuk mengenali produk perusahaan lebih jauh lagi dan pada akhirnya mendarat di platform perusahaan. Di dalam platform ataupun sosial media, dibutuhkan konten-konten yang memiliki kekuatan untuk mendorong audiens untuk melakukan pembelian terhadap produk. Konten dapat berupa video, testimoni pelanggan ataupun deskripsi tentang produk yang ditawarkan

  1. Meningkatkan Penjualan

Apabila konten berhasil menarik dan meyakinkan audiens, maka audiens akan menjadi konsumen dan melakukan pembelian  produk yang dijual oleh perusahaan.

  1. Menciptakan Loyalitas

Ini merupakan tahap terakhir. Dalam berbisnis tentunya tak hanya memikirkan penjualan sekarang namun juga prospek dalam jangka panjang. Konsumen yang tadinya sudah membeli harus dapat dipertahankan dengan meningkatkan kualitas produk dan pelayanan agar di masa depan akan melakukan pembelian ulang terhadap produk perusahaan. 

Berbicara tentang campaign, Citiasia Center for Smart Nation akan melaksanakan campaign “Peran Pemuda dalam Smart City” lho Smart People! Untuk Kamu yang tertarik bisa langsung mengisi formulir pendaftaran berikut ini.

https://bit.ly/PeranPemudaDalamSmartCity

Buat Kamu yang penasaran dan ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang campaign  ini bisa langsung klik link di bawah ini!

https://www.instagram.com/p/CWDM_ekLrKo/?utm_medium=copy_link

Penulis : Mia Patricia | Illustrator : Rizky Sabilurrasyid

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »