Tanggal :5 February 2023

Dalam Kenalkan Energi Terbarukan, Indonesia Gelar Pameran Teknologi Smart City

Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan menggelar Pameran Teknologi Terpadu (Integrated Technology Event/ ITE) 2022 pada 5-7 Oktober 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) dalam rangka memperkenalkan smart city di Indonesia.

Hal ini tentu menjadi terobosan baru dalam mengembangkan energi terbarukan, karena rangkaian acara ini menampilkan beberapa sektor seperti ICT (Information and Communication Technology), IoT (Internet of Things), AI (Artificial Intelligence) guna memenuhi kebutuhan informasi dan bisnis terkait solusi serta penyedia kota cerdas, sektor pendukung pengelolaan sistem manajemen dan teknologi air bersih, pengelolaan persampahan, limbah dan sistem transportasi cerdas. 

Project Director, Agung Wicaksono menuturkan bahwa “ITE 2022 akan menghadirkan lebih dari 200 peserta pameran dari 19 negara, 6 paviliun negara seperti Belanda, Jerman, Korea Selatan, Singapura, Taiwan dan China. Lebih dari 10.000 pengunjung kami harapkan akan meramaikan pameran dan forum ini selama 3 hari.”

Forum ini akan menghadirkan tenaga profesional dengan pemerintah daerah seperti Gubernur, Walikota, Bupati, dan semua jajaran instansi pemerintahan.

ITE 2022 memiliki misi untuk mendorong integrasi solusi kota cerdas, sebagai pengembangan ekosistem yang efektivitas mengelola sumber daya, berkolaborasi lintas sektor, dan keterpaduan kebijakan pusat-daerah. Penyelenggaraan ini telah diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Berbunyi “Kota cerdas bukan hanya mengenai prasarana dan sarana teknologi digital semata, namun bagaimana memastikan pelayanan publik dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Teknologi digital adalah alat untuk mencapai tujuan, karena tujuannya bermuara pada pelayanan publik yang lebih cepat, lebih murah dan lebih baik.”

Reference

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »