Tanggal :14 August 2022

Content Marketing: Tren yang Terus Ditekuni Para Digital Marketer pada 2022

Design by: Arsy Eric

Content marketing adalah sebuah strategi marketing dalam membuat dan menyebarkan konten yang berharga, relevan, dan juga konsisten untuk menarik perhatian para audiens yang dituju. Namun, content marketing bukan sekadar membuat konten untuk para audiens yang haus informasi, loh!

Content marketing juga bertujuan untuk membangun relasi yang kuat dengan para audiens dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu, konten yang dibuat harus relevan agar tercipta perasaan butuh dari audiens yang akhirnya memiliki kedekatan emosi dengan konten yang dibuat serta menarik audiens dengan tujuan untuk mengonversi mereka menjadi konsumen.

Penggunaan konten sebagai media promosi serta pemasaran memiliki banyak manfaat dan kegunaan bagi brand atau produk suatu bisnis, dalam hal ini konten yang digunakan harus mampu menarik target atau konsumen dalam melakukannya. Seperti tujuan awal dari content marketing yaitu sebagai media atau cara untuk mendapatkan banyak pelanggan serta pengguna dari barang dan jasa sebuah bisnis.

Content marketing dapat dilakukan dengan memanfaatkan banyak platform atau situs-situs website sebagai cara untuk lebih memudahkan promosi. Seperti penggunaan media sosial, website resmi dari bisnis, ataupun dengan penerapan fitur-fitur ads atau iklan pada media sosial. Nah, ketahui contoh-contoh dari content marketing, yuk!

Video

Video masih menjadi wadah yang efektif dalam content marketing, terutama melalui YouTube. Hal ini dikarenakan kemudahan akses YouTube masih diminati oleh masyarakat di Indonesia. Platform lain yang digunakan yaitu Instagram, Facebook, TikTok dan sebagainya. Konten dalam bentuk video akan lebih mudah dipahami dan dinikmati oleh konsumen karena dapat mengetahui produk secara jelas melalui visual karena sudah tergambarkan di dalam video. Dalam hal ini, isi video yang diterapkan juga harus tetap melibatkan proses pemasaran atau marketing produk tersebut.

Website atau Blog

Jika Smart People belum memiliki wadah untuk menciptakan sebuah konten, website atau blog mungkin bisa kalian manfaatkan. Menggunakan blog atau website sebagai content marketing juga menjadi pilihan yang tepat serta mampu mendatangkan banyak pelanggan karena para konsumen akan mengunjungi website ketika membutuhkan suatu produk atau informasi mengenai produk. Pastikan juga situs atau blog nyaman dilihat dari smartphone, karena mayoritas pengguna internet di Indonesia mengakses konten melalui smartphone.

Email

Bentuk pemasaran konten yang juga sering digunakan  adalah email marketing. Smart People mungkin pernah atau sering mendapatkan notifikasi dari akun email di perangkat komputer atau smartphone kalian. Pesan tersebut lebih sering berisi penjelasan yang berhubungan dengan promosi barang atau jasa, maupun untuk menginformasikan beberapa iklan atau fitur terbaru dari sebuah brand tertentu.

Buku

Buku menjadi salah satu cara meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk yang dijual. Selain itu, menerbitkan buku bisa dilihat sebagai salah satu pembuktian bahwa brand tersebut patut dipercaya. Pemasaran konten yang sering dilakukan adalah dengan membagikan ebook atau electronic book. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan informasi secara lebih jelas kepada pengguna terkait dengan jasa, layanan, atau produk dari perusahaan. Jenis e-book tersebut biasanya berupa product knowledge dari agensi atau perusahaan yang bersangkutan. Selain itu, e-book juga digunakan sebagai bentuk produk unduhan untuk kebutuhan kampanye bisnis dari hasil subscribe yang dilakukan oleh user.

Content marketing merupakan proses pembuatan dan penyebaran informasi yang bisa digunakan marketer untuk menggaet audiens. Metode tersebut merupakan salah satu strategi marketing yang paling jitu di era modern ini, bahkan sering digunakan perusahaan-perusahaan besar untuk mencapai target bisnis mereka. Oleh karena itu, apabila ingin terjun ke dunia pemasaran, pastikan dulu bahwa Smart People sudah menguasai strategi pemasaran konten secara mendalam, ya!

Penulis: Wanda Marissa | Ilustrator: Arsy Eric

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »