Tanggal :3 December 2022

Citiasia Center Akan Luncurkan Studi Indeks Kematangan Daerah Pintar

Citiasia Center for Smart Nation akan merilis hasil studi Indeks Kematangan Daerah Pintar (Indonesia Smart Region Maturity Index) pada Selasa, 20 Oktober 2015 mendatang.

Peluncuran hasil riset tersebut juga akan diisi dengan malam penganugerahan Indonesia Smart Nation Award 2015. Yaitu pengumuman daerah-daerah dengan raihan nilai indeks tertinggi dari 34 provinsi, 412 kabupaten, dan 93 kota.

Founder dan Chairman Citiasia, Dr. Cahyana Ahmadjayadi mengatakan, Indonesia Smart Region Maturity Index sesungguhnya dihitung dari indeks kesiapan menuju daerah pintar (Smart Readiness Index) dan Indeks Kinerja Daerah Pintar (Smart Region Index).

“Di dalam Smart Readiness Index, terdapat lima dimensi yang diukur,” jelasnya dalam konferensi pers di Resto Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (15/10).

Kelima dimensi tersebut adalah sumber daya alam (nature), struktur, infrastruktur, suprastruktur, dan kultur sebuah daerah. Sedangkan pada Smart Region Index, terdapat enam dimensi yang diukur, yaitu dimensi smart governance, smart branding, dimensi smart living, smart society, dan dimensi smart environment.

Menurutnya studi ini lebih unggul jika dibandingkan dengan studi pemeringkatan daerah lainnya karena adanya pemanfaatan metode big data analytic (big cat) yang memungkinkan diolahnya data berskala masif dan beragam secara cepat dan akurat. Indeks akan ditampilkan dalam bentuk rating A plus, A, B plus, B, C plus, D, dan E.

Acara ini didukung oleh DPD RI, Kemendagri, Bappenas, dan beberapa media nasional serta bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kota (APEKSI), dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten (APKASI).

 

Sumber
Read More

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »