Tanggal :14 August 2022

Canggih! Toilet di Jepang Bakal Gunakan Teknologi Holographic

Gambar 1. Design by: Sumanto

Jepang merupakan salah satu negara dengan banyak inovasi teknologi. Pada 2020, US News menobatkan Jepang sebagai negara nomor satu yang memiliki keahlian teknologi terbaik di dunia. Kini perusahaan dalam negeri sakura itu tengah mempersiapkan toilet dengan tombol hologram.

Toilet umum pada masa pandemi saat ini menjadi salah satu kekhawatiran karena  tombol-tombol pada badan toilet akan ditekan banyak orang yang menggunakan toilet tersebut, sehingga membuat tombol kotor dan tidak higienis.

Murakami Corporation, sebuah perusahaan Jepang sedang mempertimbangkan membuat toilet dengan tombol hologram agar  lebih higienis. Selama ini, tombol fisik di toilet umum disentuh bergantian oleh mereka yang menggunakanya. Namun berbeda dengan penggunaan tombol hologram.

Ketika panel hologram disentuh oleh pemakai toilet, sensor akan dapat mendeteksi fitur apa yang ditekan oleh pengguna dan mengaktifkannya.

Perusahaan yang berbasis di Shizuoka, Jepang ini telah menjalin kemitraan dengan Parity Innovations untuk menghasilkan panel hologram yang muncul ke permukaan layar.
Mengutip CNN Indonesia, teknologi yang terbilang baru ini dijuluki dengan nama “Floating Pictogram Technology”. 

Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan gambar mengambang seperti panel sentuh biasa, berkat sensor infra merah yang dapat mendeteksi jari manusia ketika pengguna mendekatinya. 

Gambar 2. Sumber : www.indozone.id

Selain itu, teknologi ini juga dapat diterapkan pada fasilitas umum lain di mana terdapat banyak kontak terjadi, seperti mesin ATM, elevator, vending machine dan lainnya. Teknologi hologram tersebut juga bisa berguna, seperti saat bekerja di dapur dengan tangan basah dan perlu mengoperasikan alat listrik.

Dilansir detikInet dari Ubergizmo, Murakami Corporation berharap untuk memproduksi panel ini secara massal pada tahun 2022 mendatang. Teknologi ini diharapkan dapat diimplementasikan lebih cepat dari prediksinya.

Penggunaan tombol hologram pada toilet umum di Jepang merupakan contoh bagaimana teknologi identik dengan negeri Sakura itu. Nah, Gimana nih smart people? Kalau berkunjung ke Jepang jangan lupa mampir ke toilet umum nya yaa!

Penulis: Sadam Khadafi | Illustrator: Sumanto

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »