Tanggal :24 May 2022

BRIN Perkuat Kolaborasi dengan Huawei untuk Strategi Nasional AI

Gambar 1. Design by: Sumanto

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bekerja sama dengan Huawei Indonesia untuk menyukseskan Strategi Nasional (Stranas) Kecerdasan Artifisial (AI). Selain itu, kerja sama ini juga mendukung perluasan pemanfaatan teknologi AI di industri maupun layanan publik.

CEO Huawei Indonesia Jacky Chen mengatakan sebagai salah satu teknologi kunci yang memampukan Indonesia untuk menembus peringkat lima ekonomi digital terbesar dunia, sesuai dengan Visi Indonesia Emas 2045, dukungan Huawei terhadap Strategi Nasional AI ditegaskan melalui kerja sama dengan BRIN. 

Huawei Indonesia akan memberikan sarana edukasi melalui Huawei Innovation Centre yang di mana terpampang pada papan tulis pintar Huawei IdeaHub yang menjelaskan use case dan contoh-contoh inovasi yang dimungkinkan oleh teknologi digital seperti 5G, cloud, kecerdasan buatan (AI), machine learning

“Kiranya kerja sama ini dapat memajukan implementasi Strategi Nasional AI,” kata Chen dalam siaran pers yang dikutip TeknologiBisnis.com, Jumat (21/1/2022).

Beliau menuturkan sebagai bentuk komitmennya dalam rangka menyukseskan Strategi Nasional AI serta mendukung perluasan pemanfaatan teknologi kecerdasan artifisial di industri maupun layanan publik, Huawei memberikan kontribusi berupa perangkat AI, dilengkapi pula dengan sesi pelatihan bagi para pegawai BRIN.

AI dipercaya akan menjadi salah satu teknologi yang menjadi disruptor utama di berbagai lini kehidupan terutama di era pasca-pandemi. Agar negara dan seluruh sektornya terus mampu unjuk kompetensi, Indonesia telah menyiapkan Strategi Nasional AI yang realisasinya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk industri.

Perusahaan asal China itu memberikan kontribusi berupa perangkat AI yang dikembangkan Huawei, dilengkapi dengan sesi pelatihan selama empat hari bagi para pegawai negeri BRIN.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Strategi Nasional AI membangun momentum positif terhadap pengembangan kecerdasan artifisial sehingga manfaat teknologi AI dapat dinikmati oleh semakin banyak organisasi, pelaku usaha, dan pengguna akhir. “Kami percaya, teknologi AI memainkan peran kunci di balik sistem terintegrasi yang berada di sekeliling kita,” kata Handoko.

BRIN sebagai badan yang memayungi upaya-upaya riset dan inovasi, sangat membutuhkan wawasan-wawasan baru dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk pelaku industri. “Kami berharap dapat memperdalam kerja sama kami dengan Huawei, khususnya dalam bidang riset yang akan dilakukan dengan perguruan tinggi,” ujarnya.

Penulis: Sadam Khadafi | Illustrator: Sumanto

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »