Tanggal :24 May 2022

Brand Collaboration: Strategi untuk Menghasilkan Produk Eksklusif

Kian sengitnya persaingan bisnis membuat setiap pengusaha harus melakukan berbagai strategi untuk meningkatkan penjualan produknya. Salah satu strategi unik yang semakin populer saat ini adalah kerja sama dengan brand lain atau yang populer dikenal dengan istilah brand collaboration.

Strategi marketing yang satu ini mengacu pada satu, dua, atau beberapa brand maupun influencer yang bertujuan untuk mengakurasikan produk maupun layanan tertentu. Melalui brand collaboration, diharapkan pelaku usaha dapat membuat target pelanggan semakin tertarik.

Saat beberapa brand disatukan dalam satu produk tertentu, maka tingkat kepercayaan dan seluruh komponen yang membentuk ekuitas merek seperti tingkat image, awareness, dan loyalitas dari konsumen pada produk baru tersebut akan meningkat lebih tinggi.

Konsumen akan menilai produk hasil brand collaboration ini mampu memberikan nilai yang lebih tinggi kepada mereka daripada merek produk yang dijual secara terpisah oleh tiap brand. Selain itu, umumnya konsumen juga merasa bahwa uang yang harus mereka keluarkan juga menjadi lebih murah daripada saat membeli produk tersebut secara terpisah.

Salah satu contoh brand collaboration yaitu Oreo x Supreme, yang sukses mencuri perhatian publik, bukan hanya para pecinta makanan saja, tapi juga para pecinta produk fashion, khususnya pecinta produk Supreme. Produk makanan ini dijual secara terbatas dan dibandrol dengan harga yang jauh lebih mahal daripada produk Oreo pada umumnya. Satu bungkus Oreo x Supreme dengan isi tiga keping ini dibanderol dengan harga 1,5 juta rupiah.

Salah satu kunci keberhasilan brand collaboration adalah menyesuaikan timeline kerja sama. Menghargai waktu satu sama lain dan buat kesepakatan mengenai waktu pembuatan kolaborasi. Selain itu, lakukan personalisasi seperti mengadakan acara virtual seperti melalui Facebook Live atau IG Live untuk membagikan kisah mengenai kedua bisnis atau brand

Jika ingin membuat brand collaboration yang sukses, perlu memastikan bahwa kolaborasi tersebut berjalan dengan lancar. Jadi, pilihlah brand partner yang sesuai dan profesional sehingga bisa saling membantu untuk mencapai target kerja sama. Kolaborasi yang lancar pun akan membantu untuk berekspansi. Nah Smart People, untuk berhasil dalam menjalankan brand collaboration, kalian perlu melakukan persiapan dengan matang dan pastinya selalu menjaga komunikasi dengan partner, ya! 

Penulis: Wanda Marissa | Illustrator: Arsy Eric

References

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »