Tanggal :25 January 2022

Blessing in Disguise: Pertumbuhan Jenius di Tengah Pandemi

Sumber : Jenius

Hai Smart People! Siapa disini yang menggunakan aplikasi Jenius? Tahukah Kamu kalau Jenius ternyata masih di bawah naungan salah satu bank negeri? Jenius merupakan aplikasi perbankan digital yang diluncurkan oleh PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk. Aplikasi ini merupakan salah satu pelopor digital banking, termasuk melakukan pembukaan rekening bank tanpa harus mendatangi kantor cabang.

Penggunaan produk aplikasi ini awalnya didominasi oleh kaum muda. Namun, dengan terjadinya pandemi, kemudahan yang ditawarkan oleh digital banking turut dinikmati oleh masyarakat luas. Perseroan pun membuat sebuah UI/UX dan berupaya untuk lebih akomodatif dalam memfasilitasi nasabah untuk membuka tabungan secara online.

Melalui aplikasi Jenius, pengguna dapat melakukan transaksi keuangan melalui ponsel. Selain itu, Jenius juga mengeluarkan kartu debit virtual atau e-card. E-Card dapat digunakan untuk bertransaksi online tanpa kartu kredit di seluruh merchant Visa, seperti belanja online atau bayar tagihan musik dan film streaming

Sumber : Christiann Koepke, Unsplash

Direktur Utama BTPN Ongki Wanadjati Dana menyampaikan sebagai salah satu pionir dalam pengembangan layanan perbankan digital di Tanah Air, Bank BTPN terus meningkatkan keandalan Jenius, aplikasi life finance solution bagi para nasabah digital savvy, di tengah tantangan pandemi Covid-19. Value Proposition and Product Head, Deputy Head of Digital Banking Bank BTPN, Irwan Sutjipto menambahkan, semakin terintegrasinya elemen gaya hidup dan finansial, memberikan peluang perseroan untuk mengembangkan berbagai layanan finansial yang relevan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kebutuhan perkembangan digital perbankan ini akan semakin tinggi menjawab kebutuhan masa depan dimana mayoritas orang lebih menyukai hal praktis tanpa harus ke kantor cabang.

PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) mengungkapkan pengguna aplikasi Jenius semakin bertumbuh di tengah tantangan pandemi Covid-19. Jumlah pengguna Jenius tercatat bertambah menjadi 3,1 juta atau naik 27% (yoy), dengan jumlah dana pihak ketiga bertumbuh 100% menjadi Rp 13,3 triliun pada akhir kuartal IV/2020. Jumlah transaksi yang dilakukan melalui Jenius turut mengalami peningkatan hingga sebesar 70% (yoy), dengan tiga jenis transaksi yang mendominasi adalah berbelanja secara daring (online), menabung, dan top up e-wallet.

Tak hanya Jenius, The Development Bank of Singapore Limited (DBS), bank asal Singapura juga turut menerapkan digitalisasi pada sistem perbankan. Euromoney, publikasi keuangan global terkemuka yang berpusat di London menobatkan DBS sebagai World’s Best Digital Bank dan World’s Best Bank for SMEs. Bank DBS dinilai berhasil melakukan digitalisasi di setiap bagian bisnisnya, mulai dari cash management dan private banking, hingga small medium enterprise dan retail. Euromoney menilai DBS udah berhasil merepresentasikan bagaimana seharusnya bank bekerja pada era kekinian, yang segala halnya udah serba digital.

Baik DBS maupun BTPN, berhasil menciptakan aplikasi sebagai wujud digitalisasi di era yang serba teknologi ini. Dengan digitalisasi, kedua bank ini berhasil meraih pertumbuhan yang signifikan bahkan penghargaan kelas dunia atas pencapaiannya. Sektor mana lagi yang menurut Kamu menarik untuk dibahas selanjutnya? Berikan komentar Kamu di bawah ya.

Penulis : Mia Patricia | Illustrator : Rizky Sabilurrasyid

Referensi :

  1. https://finansial.bisnis.com/read/20210728/90/1423052/terus-nambah-nasabah-jenius-btpn-tembus-33-juta-orang
  2. https://keuangan.kontan.co.id/news/tanpa-perlu-datang-ke-bank-berikut-cara-daftar-akun-jenius-1
  3. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20201112134600-37-201338/kenakan-biaya-rp-10000-bulan-jenius-punya-28-juta-pengguna
  4. https://www.dbs.id/digibank/id/id/articles/bank-dbs-terbaik-di-dunia#
  5. https://www.liputan6.com/bisnis/read/3901561/kian-diminati-pengguna-bank-digital-jenius-tembus-12-juta-orang
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *