Tanggal :21 May 2022

Bimtek Tahap IV Gerakan Menuju 100 Smart City Padangpanjang

Padangpanjang, -“Kita tampil untuk juara, kita harus bisa berkomitmen bahwa setiap yang dilakukan adalah untuk mempercepat target peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat,” ujar Walikota Padang Panjang Fadly Amran saat menutup kegiatan Bimtek Tahap IV Gerakan Menuju 100 Smart City yang digelar Dinas Kominfo Padang Panjang di Aula Lt. III Balaikota, Selasa (6/11).

Bimtek kali ini merupakan tahapan akhir dari pendampingan Gerakan Menuju 100 Smart City bagi Kota Padang Panjang di tahun 2018 dengan tujuan akhir tersusunnya buku Master Plan Smart City Kota Padang Panjang.

Selaras dengan apa yang disampaikan oleh pembimbing nasional untuk Kota Padang Panjang, Walikota Fadly Amran menyampaikan bahwa konsep smart city sendiri tidak harus selalu berkaitan dengan IT, jika IT dihilangkan maka tinggallah kata “smart” yang bermakna pintar.

“Artinya, cara-cara serta pemikiran pintar perlu kita terapkan dan tanamkan untuk mencapai sebuah target, dengan indikator serta tujuan yang jelas dalam kegiatan smart city kita,” jelas Fadly.

Fadly juga mengatakan bahwa tugas untuk meraih predikat smart city bagi Kota Padang Panjang bukan merupakan peran dari Dinas Kominfo saja, melainkan ikut andilnya seluruh dinas yang ada. Karena pembangunan yang smart itu tidak akan tercapai jika hanya satu OPD yang bekerja.

Disisi lain, Perwakilan Kementrian Kominfo Hary Kusdariyanto menambahkan bimtek yang telah dilaksanakan selama lima bulan terakhir diharapkan dapat membantu Kota Padang Panjang menyiapkan diri untuk menjadi kota yang benar-benar smart dalam beberapa tahun yang akan datang.

Untuk tercapainya tujuan tersebut, tentu perlu dukungan dari seluruh perangkat daerah serta dukungan dari seluruh stakeholder masyarakat Padang Panjang. “Kita berharap ilmu yang saling kita bagi dapat diterapkan dan menjadikan Padang Panjang Kota yang Smart, tentunya dengan keterlibatan dan dukungan masyarakat serta seluruh stakeholder,” tambah Hary.

Sementara itu, dalam sambutannya Kepala Dinas Kominfo Marwilis memaparkan draft executive summary untuk usulan masterplan yang disiapkan demi terwujudnya Padang Panjang menuju 100 smart city.

“Draft ini akan kita sampaikan kepada tim pembimbing serta kementerian Komunikasi dan Informatika untuk dikoreksi dan nanti setelah direvisi Dinas Kominfo akan menyerahkan hasil akhir ke Bapak Walikota untuk bisa diintegrasikan kedalam RPJMD baru yang saat ini juga tengah disusun oleh Bappeda”. ujarnya.

Penutupan rangkaian bimbingan teknis ini kegiatan diakhiri dengan Penandatangan Komitmen Pelaksanaan Pembangunan Smart City oleh seluruh Kepala OPD, sehingga diharapkan setiap usulan inovasi dari masing-masing OPD nantinya akan benar-benar dilaksanakan sesuai rencana tahun pelaksanaan.

 

Sumber: http://bakinews-online.com/berita/detail/bimtek-tahap-iv-gerakan-menuju-100-smart-city-

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »