Tanggal :24 May 2022

Audio Visual dapat Menaikkan Branding, Apa Benar?

Gambar 1. Design by: Sumanto

Istilah brand (merek) dan branding sangat populer di dunia marketing. Salah satu strategi membangun merek adalah dengan suara yang dikenal dengan istilah audio branding. Menurut International Sound Awardsaudio branding adalah proses pengembangan dan manajemen brand dengan menggunakan elemen suara.

Audio branding (pencitraan merek audio) juga disebut logo audio adalah istilah luas yang mencakup penggunaan suara dan musik untuk memperkuat identitas merek di benak konsumen. Jingle, nada, dan bahkan slogan yang diucapkan adalah semua bentuk branding audio.

Pencitraan merek audio paling sering digunakan dalam iklan radio dan televisi, tetapi itu bukan satu-satunya tempat Anda dapat memanfaatkannya.

Tujuan audio branding adalah untuk menciptakan identitas audio unik yang menghubungkan elemen abstrak merek Anda dengan audiens Anda.

Faktanya, pilihan musik yang konsisten dan beralasan adalah kunci untuk mendorong interaksi di berbagai titik kontak pelanggan saat ini.

Dengan menggunakan suara, musik, dan suara, yang menggemakan nilai merek Anda, Anda dapat melampaui identitas merek Anda, pesan inti, dan pengalaman mengunjungi toko Anda atau menggunakan layanan atau produk Anda dari pertemuan biasa menjadi emosi yang menarik.

Sebagai contoh yakni pada sebuah platform film netflix, dengan jingle “ta-dum” suara sebelum Anda menonton apa pun di Netflix. Anda mungkin bisa mendengarnya di kepala Anda sekarang. Gigitan suara dua ketukan yang sederhana ini telah menjadi salah satu logo suara paling ikonik dari generasi kita. Namun, ini sama sekali bukan kebetulan.

Sebagaimana dihimpun di twitter @belajarlagiHQ,  Todd Yellin, VP Product Netflix mengatakan mereka ingin meningkatkan customer experience lewat suara logo pendek yang membuat film terasa lebih seru untuk ditonton. Selain itu, suara logo di awal film jadi ciri khas Netflix agar mudah diingat oleh konsumen.

Dapat disimpulkan bahwa pengaruh audio branding sangat berpeluang besar untuk menciptakan brand awareness suatu perusahaan. 

Penulis: Sadam Khadafi | Illustrator: Sumanto

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »