Tanggal :9 December 2022

Armada Angkatan Laut Inggris Luncurkan Desain Kapal Laut di Masa Depan

Gambar 1. Design By: Sumanto

Transportasi atau pengangkutan merupakan suatu proses pergerakan atau perpindahan manusia atau barang dari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan suatu sistem transportasi tertentu untuk maksud dan tujuan tertentu. Transportasi merupakan salah satu sarana untuk memperlancar roda perekonomian, memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa (Fitriana, 2017). Dalam hal  ini guna memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, transportasi laut/pelayaran dinilai sangat penting. Pelayaran adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan angkutan di perairan, kepelabuhan, serta keamanan dan keselamatannya. Secara garis besar pelayaran dibagi menjadi dua yaitu pelayaran niaga (yang terkait dengan kegiatan komersial) dan pelayaran non niaga (yang terkait dengan kegiatan non komersial seperti pemerintahan dan bela Negara), (Fitriana, 2017). 

Alutsista adalah singkatan dari alat utama sistem persenjataan. Pengertian alutsista merupakan komponen utama dalam kekuatan militer (https://kompaspedia.kompas.id/). Alutsista di setiap negara pastinya mempunyai teknologi modern yang bertujuan untuk menjaga keamanan dan keutuhan bangsa tersebut. Salah satunya Armada Angkatan Laut Inggris. Seperti yang kita ketahui Inggris merupakan negara maju yang memiliki segudang alutsista yang modern. Dilansir dalam berita Sindo.news, Angkatan Laut Inggris telah meluncurkan beberapa sketsa desain yang empat kapal perang masa depan negara itu. Sketsa rinci dari kapal perang konsep futuristik diproduksi oleh beberapa insinyur dari industri dan akademisi di bawah program United Kingdom Naval Engineering Science Technology (UKNEST). (https://sains.sindonews.com/). 

Gambar 2. Sumber : www.jejaktapak.com

“Ini bertujuan untuk membantu Angkatan Laut Kerajaan Inggris mengembangkan ide untuk armada kapal militer otonom yang dapat beroperasi selama 50 tahun ke depan. Sketsa yang diusulkan antara lain melibatkan kapal induk perang serta stasiun drone besar yang akan dipasang di balon helium dan berbasis di stratosfer”,  ujar Kepala Teknolog BAE (British Aerospace) System Mike Woods, dikutip dalam berita (https://sains.sindonews.com/). 

Konsep desain keempat kapal perang tersebut diberi nama Fast Strike, Underwater Platform, Carrier Vessel dan Surface Combatant. Fast Strike terdiri dari balon helium besar yang didorong oleh energi matahari dan berbasis di stratosfer, lapisan kedua atmosfer bumi. Underwater Platform memiliki desain menyerupai mamalia dan hanya perlu dioperasikan secara minimal saat berpatroli di dasar laut. Konsep desain Kapal Pengangkut digambarkan sebagai kapal berbentuk persegi panjang dan berwarna hitam yang berlayar di atas permukaan air. Surface Combatant mampu berlayar di permukaan air dengan melepas pod untuk memungkinkan personel angkatan laut memasuki kapal (https://sains.sindonews.com/).

Gambar 3. Sumber : www.jejaktapak.com

Teknologi akan berkembang pesat di masa depan nanti, terlebih negara-negara maju yang sudah mempersiapkan produk alutsista untuk menunjang keamanan negara. Maka dari itu pengadaan alutsista dinilai sangat penting bagi sebuah negara. 

Penulis: Sadam Khadafi | Illustrator: Sumanto

Referensi:

  1. Fitriana, Alfi Izzati. 2017. “Studi Analisa Jumlah Kebutuhan Armada Kapal Penyeberangan di Kabupaten Jepara”, Thesis Universitas Muhammadiyah Malang.
  2. Santoso, Wahyu Budi. 2021. 4 Kapal Perang Masa Depan dengan Teknologi yang tak pernah Dibayangkan. Dalam berita https://sains.sindonews.com/read/542776/768/4-kapal-perang-masa-depan-dengan-teknologi-yang-tak-pernah-dibayangkan-1631801359 diakses pada tanggal 10 Oktober 2021. 
  3. https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/alutsista-dan-kekuatan-militer-indonesia diakses pada tanggal 11 Oktober 2021
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »