Tanggal :5 February 2023

Apakah Anda Tahu Bahwa Ada Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk Smart City?

Pembangunan dan pengembangan smart city sedang menjadi hal yang banyak dilakukan oleh daerah-daerah di Indonesia. Apalagi, pemerintah Indonesia memiliki program Gerakan Menuju 100 smart city yang merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Staf Kepresidenan. 

Badan Standardisasi Nasional (BSN) mengembangkan Standar Nasional Indonesia (SNI) dalam mendukung suksesnya program terkait smart city yaitu SNI ISO 37120:2018, yang merupakan pembangunan perkotaan dan masyarakat berkelanjutan yang berisi indikator untuk pelayanan perkotaan dan kualitas hidup. SNI tersebut merupakan dasar dari pelaksanaan kota cerdas dan berisi indikator, cara mengukur dan kriteria yang terdapat dalam smart city. 

Standar ini berupaya membantu pemerintah daerah, baik kota ataupun kabupaten agar lebih efektif dalam menerapkan pembangunan berkelanjutan. BSN juga berharap adanya SNI terkait smart city seluruh kabupaten atau kota di Indonesia bisa memiliki rujukan yang sama dalam membangun kota cerdas.

Selain itu, terdapat 19 indikator yang merupakan dasar dalam pelaksanaan smart city dan enam diantaranya adalah pendidikan, kesehatan, populasi dan kondisi sosial, perumahan, ekonomi serta keamanan. 

Melihat dukungan dari BSN, pengembangan kota cerdas sangat didukung oleh pemerintah Indonesia. Sudah saatnya kota dan daerah Anda juga mulai menyusun master plan untuk menjadi salah satu kota cerdas di Indonesia. Jika Anda butuh konsultasi dan bimbingan terkait penyusunan master plan, silahkan kunjungi akun Instagram @citiasiainc untuk informasi lebih lanjut. 

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »