Tanggal :24 May 2022

Amazon Kenalkan Robot Astro, Bisa Jadi Asisten Rumah!

Gambar 1. Design by: Sumanto

Amazon baru-baru ini mengumumkan kehadiran robot asisten besutannya yang diberi nama Astro. Amazon Astro hadir sebagai robot yang dibekali dengan layar yang bisa disebut juga sebagai “wajah” dan dua roda yang memungkinkan robot ini untuk berjalan ke berbagai area di rumah. Dikutip dari berita Antaranews.com, robot ini dilengkapi kamera dan dapat digunakan pengguna untuk berpatroli di rumah. Amazon Astro tampaknya merupakan puncak dari input teknologi yang berbeda dari robotika, kecerdasan buatan (AI), pemantauan rumah, dan layanan cloud.

Robot beroda tersebut ditenagai oleh teknologi Alexa yang sering digunakan pada perangkat rumah. Astro juga menawarkan fungsionalitas teknologi Alexa dengan memberikan banyak detail dan informasi dari cuaca, juga dapat digunakan untuk panggilan video. Amazon Astro akan mengikuti pengguna kemanapun mereka pergi, sehingga menjadikan pengguna selalu dalam frame selama panggilan video. 

Perusahaan yang didirikan oleh Jeff Bezos tersebut mengungkapkan Astro bisa dikontrol dengan remote saat tidak berada di rumah. “Sekarang ketika Anda pergi, Anda dapat menggunakannya untuk secara proaktif berpatroli di rumah Anda dan menyelidiki aktivitas”, kata eksekutif Amazon Dave Limp dikutip dari Antaranews.com.

Robot Astro dapat dilatih untuk mengenali wajah dan mempelajari kebiasaan anggota keluarga di rumah. Amazon mengatakan Astro juga dapat berguna untuk membantu memeriksa kerabat lanjut usia dari jarak jauh atau mengirimkan pengingat aktivitas tertentu.

Gambar 2. Sumber : www.xataka.com

Sementara itu, menurut Kepala Analisis CCS Insight Ben Wood dikutip dari BBC News mengatakan “Selain itu keahlian yang dimiliki manusia diberikan kepada robot buatan Amazon dan sangat mengagumkan untuk membuat Astro lebih dekat kepada aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh konsumen,”

Mungkin bisa dibilang Astro merupakan langkah pertama dalam evolusi robot rumahan yang sempurna. Ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukannya sebagai robot rumahan terbaik, seperti tidak memiliki lengan dan tidak dapat bergerak di tangga. Harga untuk robot Astro adalah sekitar USD 1.000 (Rp14,3 juta). 

Sayangnya buat kalian yang memiliki rumah tingkat, robot Amazon ini masih belum memiliki kemampuan menaiki tangga. Tetapi setidaknya kemampuan yang dihadirkan di robot ini sudah cukup mengesankan. Apakah kamu tertarik memiliki Robot Astro di rumahmu?

Baca berita dan informasi menarik lainnya hanya di smartnation.id! 

Penulis: Sadam Khadafi | Illustrator: Sumanto

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »