Tanggal :10 December 2022

5 Tips Untuk Kamu yang Menginginkan Promosi Jabatan

Sumber: Lightfield Studios

Hai Smart People! Beberapa dari Kamu yang tengah bekerja mungkin kerap merasa bingung bagaimana caranya untuk mendapatkan promosi jabatan dalam jenjang kariermu. Mengetahui career path atau jenjang karier yang bisa Kamu tempuh sejak awal adalah hal yang penting.  Melalui identifikasi perencanaan karier, Kamu bisa memahami kesempatan yang tersedia serta skill apa saja yang dibutuhkan.

Pekerjaan yang stagnan dan dirasa tidak ada perkembangan merupakan perasaan yang umum dirasakan. Namun tak perlu khawatir, berikut 5 tips yang dapat Kamu lakukan agar mendapatkan promosi jabatan!

1. Konsisten dalam Bekerja

Bekerja tak hanya dilakukan untuk memenuhi Key Performance Indicator (KPI), namun juga memberikan inovasi terkini untuk kemajuan perusahaan. Konsisten dalam memberikan yang terbaik untuk perusahaan merupakan salah satu cara untuk menunjang karir Kamu. 

2. Mengikuti Bootcamp

Bootcamp merupakan program pelatihan dengan materi yang relevan untuk kebutuhan industri yang dapat memberikan dampak lebih besar pada peluang karier. Durasi pelaksanaan program biasanya juga relatif singkat yaitu 12 sampai 24 pekan, sehingga program ini sangat efektif. Kegiatan belajar bootcamp biasanya dilakukan melalui praktik langsung dengan bimbingan ahli di bidangnya.

3. Find Your Mentor

Mentor dapat berupa atasan maupun staf senior di perusahaan. Saran dan pengalaman mereka selama bekerja dapat Kamu jadikan pembelajaran untuk meningkatkan jenjang karier. Kamu juga bisa meminta penilaian mereka atas performa bekerjamu untuk menjadi bahan evaluasi kedepannya. 

4. Membangun Koneksi Professional

Relasi merupakan hal penting dalam dunia profesional. Membangun relasi kepada rekan kerja, atasan maupun professional di bidang lain dapat membantu perkembangan karier Kamu. Kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti Linkedin, agar koneksi Kamu semakin luas.

5. Meningkatkan Kerja Sama Tim dan Komunikasi

Terdengar sederhana, namun dapat memberikan dampak nyata. Melalui keterampilan komunikasi yang baik, Kamu bisa menjadi komunikator yang ulung dalam menyampaikan aspirasi dan ide untuk meningkatkan performa dalam bekerja. Selain menilai kinerja secara individual, atasan juga akan menilai kinerja karyawannya saat bekerja dalam tim. Jika Kamu mampu bekerja dalam tim dengan baik dan bahkan bisa mengarahkan tim untuk menyelesaikan project secara maksimal akan menjadi poin plus buatmu.

Di Citiasia Inc, para interns  didampingi mentor dalam menjalankan pekerjaannya sehingga setiap tugas yang diberikan dapat diselesaikan secara optimal. Bagaimana denganmu Smart People, poin nomor berapa yang sudah Kamu lakukan sejauh ini? Semoga tips di atas dapat berguna ya, WE SMART!

Penulis: Mia Patricia | Illustrator: Rizky Sabilurrasyid

Referensi:

  1. https://glints.com/id/lowongan/jenjang-karier-career-path/#.YX5rI2BBzIU
  2. https://www.ekrut.com/media/cara-meningkatkan-jenjang-karier
  3. https://www.cermati.com/artikel/ikuti-7-tips-ini-agar-karir-anda-kian-melesat
  4. https://www.idntimes.com/life/career/eliza/tips-naik-jabatan-agp-c1c2/7
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »