Tanggal :24 May 2022

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Memasang Iklan

Sumber: Geoff Brooks, Unsplash

Hai Smart People! Sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang paid ads atau iklan berbayar. Dalam mengiklankan produk yang ingin dipromosikan, ada beberapa kesalahan yang kerap kali dilakukan sehingga hasil atau dampak dari iklan tidak maksimal atau bahkan gagal menciptakan brand awareness dari produk yang diiklankan. Berikut ini merupakan kesalahan yang harus dihindari saat memasang iklan:

1.Copywriting Kurang Menarik

Pada artikel sebelumnya kita pernah membahas bagaimana copywriting berdampak pada marketing dan penjualan suatu produk yang ditawarkan perusahaan. Pemilihan kata yang perlu penekanan, penentuan call to action (CTA), serta tagline yang menjadi ciri khas dari perusahaan perlu diperhatikan lebih akan meninggalkan kesan dan meningkatkan brand awareness pada produk yang dipasarkan.

2.Targeting Audiens yang Kurang Spesifik

Produk yang dijual harus sesuai dengan kebutuhan target pasarnya. Contohnya, preferensi produk generasi Z dan generasi milenial, perbedaan  kebutuhan produk antara pria dan wanita, bahkan dalam satu produk yang sama dibutuhkan detail yang berbeda. Seperti contoh, shampo yang dijual di pasaran tidak hanya satu jenis, seperti shampo anti ketombe, perawatan rambut rontok dan sebagainya. Walaupun sama-sama shampo, namun produk memiliki target konsumen yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dari permasalahan masyarakat.

3.Tidak Memanfaatkan Tools Untuk Analisa

Tools dan aplikasi dapat membantu untuk melihat views, mentions, engagement, likes, dan semacamnya yang terkait dengan interaksi dari iklan yang kita pasang. Dengan pemanfaatan tools untuk analisa, kita dapat melihat dampak dari pemasangan iklan terhadap penjualan produk yang sedang diiklankan pada saat itu sehingga bisa menjadi evaluasi bagaimana pengiklanan selanjutnya akan dilakukan.

4.Kurang Menonjolkan Keunggulan Produk

Dalam pengiklanan, produk yang ditampilkan cenderung berfokus pada detail dan fitur dari produk namun kurang menekankan keuntungan dan keunggulan yang bisa didapatkan apabila membeli produk tersebut daripada produk dari brand lain. Dengan menyampaikan keunggulan dari produk, masyarakat dapat menjadikan hal ini sebagai pembanding dengan produk serupa yang dijual di pasaran.

5.Visualisasi Desain Kurang Catchy

Mata kita sangat senang melihat kombinasi warna dan bentuk yang mencolok daripada hanya sekadar tulisan yang terpampang. Desain yang singkat dan padat serta memiliki pencitraan warna yang sama dengan brand atau produk yang dipromosikan dapat meninggalkan kesan yang baik dan menarik bagi audiens. 

Nah, itu dia 5 hal yang harus diperhatikan apabila Kamu memasang iklan, Smart People. Baik iklan di sosial media maupun pada banner, seluruhnya harus dipersiapkan dengan baik mulai dari targeting, copywriting, desain dan hal-hal krusial lain yang dapat mempengaruhi masyarakat untuk membeli produk yang dipasarkan. Kesalahan apa yang paling sering Kamu temui dalam pemasaran, Smart People?

Penulis: Mia Patricia | Ilustrator: Rizky Sabilurrasyid

Referensi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »