Tanggal :24 May 2022

5 Jenis Pelatihan SDM, Kamu Pernah Mengikuti yang Mana?

Penggambaran sumber daya manusia yang terampil | Sumber: GoPenske

Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu aset berharga yang akan mendukung perkembangan perusahaan terlebih dalam kompetisi bisnis. Dengan adanya SDM yang produktif, inovatif dan kreatif maka akan tercipta roda terbaik untuk memajukan perusahaan. Maka dari itu, diperlukan pelatihan untuk mendukung kinerja SDM agar menjadi lebih baik lagi. Berikut ini adalah 5 jenis pelatihan dan pengembangan SDM yang dapat dilakukan oleh perusahaan menurut linovhr.com.

1. Skill Training

Penggambaran pelatihan kemampuan bekerja | Sumber: teiss

Pelatihan keahlian cukup umum dilakukan oleh beberapa perusahaan. Program pelatihan ini mencakup kebutuhan ataupun kekurangan karyawan yang kemudian akan diidentifikasi melalui penilaian yang lebih teliti. Adapun beberapa penilaian yang dilakukan dapat berupa hard skill sesuai job description maupun soft skill dari karyawan.

2. Cross Functional Training

Penggambaran pelatihan karyawan di bidang yang berbeda | Sumber: Friday Forum

Pelatihan lintas fungsional merupakan pelatihan yang akan melibatkan para karyawan perusahaan agar dapat melakukan aktivitas kerja di dalam bidang yang lainnya, selain pekerjaan utamanya. Dilansir dari talenta.co, salah satu contoh cross functional training adalah ketika staf bagian keuangan untuk membantu tugas staff HRD dalam menyeleksi karyawan baru.

3. Team Training

Penggambaran pelatihan kerja sama tim | Sumber: Cherrydeck, Unsplash

Pelatihan tim merupakan hal yang sangat dianjurkan, dikarenakan diperlukan kerja sama karyawan di dalam perusahaan, para karyawan harus bisa menyelesaikan masalah atau pekerjaan secara tim agar tujuan perusahaan dapat tercapai.

4. Technology Training

Penggambaran pelatihan pengenalan teknologi | Sumber: Alex Kotliarskyi, Unsplash

Perkembangan teknologi yang semakin pesat mengakibatkan perusahaan untuk terus berinovasi. Dengan memberikan sebuah pelatihan teknologi kepada karyawan, nantinya karyawan akan bisa melakukan pekerjaan secara produktif, kreatif dan inovatif sesuai dengan tuntutan zaman.

5. Creativity Training

Penggambaran melatih kreativitas | Sumber: Alice Dietrich, Unsplash

Proses pelatihan kreativitas atau disebut juga creativity training merupakan program pelatihan dan pengembangan yang bisa memberikan peluang agar SDM perusahaan bisa mengeluarkan sebuah gagasan berdasarkan nilai rasional. Gagasan itu nantinya akan lebih dikembangkan agar bisa membangun perusahaan menjadi lebih baik lagi.

Setelah memberikan pelatihan kepada SDM, tentunya ada dampak positif yang terjadi dari program tersebut seperti produktivitas kerja karyawan yang meningkat, kualitas dan kuantitas produksi semakin baik, karena technical skill (keterampilan teknik), human skill (keterampilan karyawan), dan managerial skill (keterampilan manajer) karyawan akan semakin baik. Interns di Citiasia sudah melakukan 3 dari 5 pelatihan tersebut yaitu, skill training, team training dan creativity training. Smart People sudah melakukan yang mana saja? Drop your comments below!

Penulis: Mia Patricia | Illustrator: Rizky Sabilurrasyid

Referensi:

  1. https://www.jurnal.id/id/blog/jenis-pelatihan-dan-pengembangan-sdm-bagi-perusahaan/
  2. https://www.linovhr.com/pelatihan-dan-pengembangan-sdm/
  3. https://www.talenta.co/blog/cerita-talenta/jenis-training-karyawan/
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »